Politik

Muhammadiyah: Kami nitip, jangan dua, minimal tiga pasang capres

Kalau warga Muhammadiyah ikut mendukung atau titip aspirasi, titipkan lewat partai politik

Selasa, 25 Juli 2023 15:20

Muhammadiyah memastikan tidak akan terlibat dalam politik praktis. Muhammadiyah bukanlah kendaraan politik praktis. Muhammadiyah tidak akan terlibat secara langsung dalam politik praktis, terutama terkait pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengatakan Muhammadiyah bersikap wait and see terkait Pilpres 2024. Menurut dia, soal pencalonan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden biarlah diurus oleh para ketua partai politik.

"Karena kewenangan konstitusional untuk mencalonkan siapa capres dan cawapres itu ada pada partai politik. Itu amanat Undang-undang Dasar," ucap Mu’ti disitat dari laman Muhammadiyah, Selasa (25/7).

Muhammadiyah, kata dia, tidak akan mendeklarasikan dukungan untuk capres tertentu. Menurutnya, warga Muhammadiyah yang akan memilih lebih baik menitipkan aspirasi dan dukungan politiknya melalui partai politik, bukan kepada persyarikatan.

"Kalau warga Muhammadiyah ikut mendukung atau titip aspirasi, titipkan lewat partai politik. Jangan Muhammadiyah buat deklarasi dukung mendukung calon presiden tertentu, itu namanya mimpi di siang bolong. Wait and see saja," kata Mu’ti.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait