Politik

Nasib PDI-P jika Luthfi-Yasin menguasai Jateng

Sigi sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Andika-Hendi potensial kalah di Pilgub Jateng.

Jumat, 27 September 2024 12:12

Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin (Lutfhi-Yasin) kian dominan di Pilgub Jawa Tengah 2024. Hasil survei teranyar yang dirilis Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan yang disokong Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu unggul elektabilitasnya hingga dua digit atas pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi atau Andika-Hendi. 

Sigi Poltracking dilakoni pada 8-17 September dengan melibatkan 1.200 responden. Luthfi-Taj meraup 52,2% dukungan responden, sedangkan Andika-Hendi mengantongi 31,4% suara. Sisanya tidak menjawab atau menjawab tidak tahu. 

Luthfi-Yasin unggul di wilayah-wilayah yang didominasi subkultur budaya Jawa. Di Pantura Barat, misalnya, pasangan itu mendominasi Kota Pekalongan, Pekalongan, Kota Tegal, Tegal, Brebes, Pemalang, dan Batang. Di Solo Raya, keduanya juga menguasai Kota Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Sragen, Boyolali, dan Karanganyar.

Pasangan itu juga unggul hampir di semua kota di kawasan Pantura Timur dan Kedu Raya. Sigi Poltracking menunjukkan Luthfi-Yasin dan Andika-Hendi hanya bersaing ketat di kawasan Semarang Raya yang meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Demak, dan Kendal.

Survei yang dirilis Kanigoro Network pada pertengahan September lalu juga menemukan hal serupa. Dalam survei tersebut, Luthfi-Yasin unggul dengan tingkat keterpilihan mencapai 45,2%, sedangkan Andika-Hendi meraup elektabilitas sebesar 37,7%. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait