Politik

Nuansa sinetron kompetisi Bahlil vs Ridwan di Munas Golkar

Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang memutuskan tak mencalonkan diri jadi Ketum Golkar.

Rabu, 21 Agustus 2024 12:41

Mengikuti langkah Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memutuskan tak maju jadi kandidat ketua umum di ajang Musyawarah Nasional Partai Golkar. Bamsoet berdalih mundur dari pencalonan demi menjaga soliditas partai.

"Diperlukan kesadaran kolektif yang harus dibangun seluruh kader Partai Golkar untuk bersama menyelamatkan Partai Golkar," kata Bamsoet kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Senin (19/8).

Bamsoet sebelumnya mengungkap ia dan Agus bakal mencalonkan diri sebagai kandidat ketum di Munas XI Golkar. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru dilantik Bahlil Lahadalia juga bakal maju. 

Dengan mundurnya Bamsoet dan Agus, praktis hanya tersisa dua kandidat ketum di Munas XI Golkar. Selain Bahlil, anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam juga sudah mendaftarkan diri sebagai kandidat ketum. 

Saat mendaftarkan diri ke DPP Golkar, Bahlil turut menyerahkan bukti dukungan dari sebanyak 469 pemilik suara. Total ada 558 pemilik suara di Partai Golkar, mulai dari DPD hingga organisasi sayap partai. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait