Politik

Otak-atik "politik kartu" untuk menggaet pemilih

Ridwan-Kamil menawarkan program Kartu KAMU, sedangkan Dharma-Kun memperkenalkan Kartu Jakartaku Aman.

Rabu, 09 Oktober 2024 16:00

Dalam debat perdana Pilgub DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (6/10) malam, pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono menyiapkan Kartu Jakarta Maju atau KAMU jika nanti terpilih memimpin Jakarta.

Kartu itu, kata Ridwan, merupakan penggabungan beberapa kartu yang digunakan untuk mengakses layanan ke dalam satu basis data. Kartu tersebut bisa dimanfaatkan mengakses layanan sosial dan transportasi publik secara gratis untuk anak yatim dan “pasukan rompi”. Ridwan juga bakal menambahkan kartu pelayanan ibadah, serta mempertahankan kartu-kartu yang sudah ada, seperti pendidikan dan kesehatan.

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun pun memperkenalkan Kartu Jakartaku Aman. Dikutip dari Antara, Dharma mengatakan, kartu itu bakal terintegrasi dengan semua kartu layanan yang ada sebelumnya. Sementara pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno tidak menjanjikan kartu sebagai program andalan yang ditawarkan.

Menurut sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Asep Suryana, program dalam bentuk kartu merupakan strategi untuk menyiasati seolah pemerintah daerah hadir langsung di tengah masyarakat.

“Di tengah ketidaksanggupan mendatangi langsung masyarakat,” ujar Asep kepada Alinea.id, Selasa (8/10).

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait