Politik

PDI-P vs Jokowi di Solo: Siapa bakal berjaya?

Jokowi mendukung KGPAA Mangkunagoro X alias Gusti Bhre, sedangkan PDI-P bakal mengusung Teguh Prakosa.

Jumat, 26 Juli 2024 14:14

Pemilihan Wali Kota Solo (Pilwalkot) 2024 potensial hanya bakal mempertemukan kandidat yang di-endorse Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PDI-Perjuangan. Saat ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah merilis surat rekomendasi untuk mengusung penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunagoro X alias Gusti Bhre sebagai calon wali kota. 

Di lain kubu, PDI-P sudah menyiapkan Teguh Prakosa sebagai kandidat. Teguh saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo setelah Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, mengundurkan diri dari jabatannya. Teguh adalah pendamping Gibran di Pilwalkot Solo 2019. 

Berkaca pada hasil survei teranyar, analis politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Wahid Abdurrahman memprediksi Pilwalkot Solo hanya bakal diisi dua pasang kandidat. Satu kandidat diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan trah Jokowi, sedangkan kandidat lainnya disokong PDI-P.

"Dari sisi keluarga Jokowi yang diwakili Kaesang dan PSI sepertinya ingin mendorong Kanjeng Gusti Mangkunagoro X, sementara dari sisi PDI-P memiliki calon petahana Teguh Prakosa," ucap Wahid kepada Alinea.id, Rabu (24/7).

Hasil survei Jejaring Analiytics, Research and Communication Consulting (Jarcomm) yang digelar pada 27 Juni-2 Juli 2024 menunjukkan elektabilitas KGPAA Mangkunagoro X menduduki posisi teratas di Pilwalkot Solo, yakni sebesar 31,8%. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait