Politik

Pemerintah jadi partisan, "hukum" capres-cawapres yang didukung Jokowi!

"Sikap partisan pemerintah harus dibawa ke ranah konstitusional."

Rabu, 14 Februari 2024 05:10

Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tembus 50% menjelang pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ini terekam dalam hasil survei berbagai lembaga, salah satunya Poltracking.

Dalam riset tersebut, tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran sebesar 50,9%, sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) 25,1% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 18,4%. Adapun yang tidak tahu/tidak jawab (TT/TJ) atau belum menentukan pilihan (undecied voters) 5,6%.

Apabila menggunakan model prediksi dengan basis perolehan elektabilitas tadi, maka dukungan kepada Prabowo-Gibran sekitar 51,7%. Adapun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) 27,6% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 20,7%. 

"Ini adalah prediksi elektabilitas yang dirangkum oleh Poltracking jelang pemungutan suara Pilpres 2024," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha, dalam paparannya melalui kanal YouTube Poltracking TV, Jumat (9/2).

Ia melanjutkan, besar kemungkinan pilpres berlangsung satu putaran mengingat margin dukungan ketiga kandidat terpaut jauh. Namun, tetap terbuka putaran kedua dengan kandidat yang masuk adalah Prabowo-Gibran dan Amin.

Immanuel Christian Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait