Politik

Peta politik pilkada "tak bertuan" di empat DOB

Pilkada di Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Pegunungan diramaikan banyak kandidat.

Selasa, 24 September 2024 14:00

Gelaran pilkada di Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Pegunungan diprediksi bakal berlangsung sengit. Selain tanpa kehadiran petahana, pilkada di empat daerah otonomi baru (DOB) itu juga diramaikan kehadiran banyak pasangan calon. 

Di Pilgub Papua Tengah, misalnya, tercatat sudah ada empat pasangan yang resmi mendaftar ke KPU, yakni pasangan Mecky Nawipa-Deinas Geley, John Wempi Wetipo-Ausilius You, Natalis Tabuni-Titus Natkime, dan Willem Wandik-Aloysius Giay. 

Serupa, empat pasangan calon juga telah terdaftar di Pilgub Papua Selatan. Mereka ialah pasangan Darius Gewilom Gebze–Petrus Safan,  Apolo Safanpo–Paskalis Imadawa, Romanus Mbaraka–Albertus Muyak, dan Nikolaus Kondomo-Baidin Kurita.

Sejauh ini, tercatat ada lima pasangan yang bakal bertarung di Pilgub Papua Barat Daya, yakni pasangan Elisa Kambu-Ahmad Nasrauw, Abdul Faris Umlati-Petrus Kasihiuw, Bernad Sagrim-Sirajudin Bauw, Gabriel Asem-Lukman Wugaje, serta Joppye Onesimus Wayangkau-Ibrahim Wugaje.

Hanya Papua Pegunungan yang minim kandidat. Pilgub di DOB itu hanya bakal diramaikan pasangan Befa Yigibalom-Natan Pahabol serta John Tabo-Ones Pahabol.  

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait