Politik

Pilgub di IKN: Saat petahana "disalip" pendatang baru

Isran-Hadi dan Rudy-Seno bakal bertarung mati-matian lantaran Kaltim bakal jadi provinsi terdekat dengan IKN.

Selasa, 01 Oktober 2024 12:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah resmi menetapkan nomor urut untuk dua pasangan calon (paslon) gubernur-wakil gubernur di Pilgub Kaltim 2024. Pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan Rudy Mas’ud-Seno Aji memperoleh nomor urut 2.

Isran-Hadi adalah pasangan petahana yang sebelumnya juga menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2018-2023. Isran-Hadi diusung enam partai politik, yakni PDI-Perjuangan, Demokrat, Gelora, Partai Hanura, Partai Ummat, dan Perindo. 

Dari keenam partai itu, hanya PDI-P dan Demokrat yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Kaltim. Berbasis hasil Pileg 2024, kedua partai tersebut memiliki 11 kursi atau sekitar 22% dari jumlah total kursi yang tersedia di parlemen.

Adapun pasangan Rudy-Seno didukung koalisi yang dimotori Golkar dan Gerindra, dua parpol pemenang pemilu di Kaltim. Rudy merupakan Ketua DPD Golkar Kaltim sekaligus caleg terpilih DPR RI, sementara Seno ialah Sekretaris DPD Gerindra Kaltim dan Wakil Ketua DPRD Kaltim sejak 2021.

Pada Pileg 2024, Golkar berhasil meraih 512.660 suara dan menguasai tiga dapil di Kaltim, yakni dapil Kaltim II (Kota Balikpapan), Kaltim III (Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara), dan Kaltim VI (Berau, Kutai Timur, Kota Bontang).

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait