Politik

Rido vs Pramono-Rano: Siapa bisa menggaet Anies?

Sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Anies dominan di Pilgub DKI Jakarta.

Jumat, 13 September 2024 19:05

Dukungan Anies Baswedan terus diperebutkan para pasangan calon (paslon) yang bertarung di Pilgub DKI Jakarta. Efek ekor jas atau coat tail effect dari Anies diyakini ampuh untuk mendongkrak elektabilitas para paslon jelang pencoblosan. 

Tanpa Anies, Pilgub DKI diikuti pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun). RK-Suswono atau yang kini populer dengan nama pasangan Rido diusung 13 parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus, sedangkan Pramono Rano hanya diusung oleh PDI-Perjuangan. 

Awal September lalu, Anies sempat diisukan bakal bergabung tim sukses Pramono-Rano. Isu itu makin liar setelah Anies tak sengaja bertemu dengan Pramono di area car free day (CFD) Jakarta Pusat, belum lama ini. Namun, hingga kini Anies belum menunjukkan bakal mendukung salah satu pasangan di Pilgub DKI. 

Analis politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat mengatakan arah dukungan dari Anies bakal menentukan konstelasi politik Pilgub DKI. Selain masih merawat kelompok relawan, Anies punya elektabilitas yang sangat tinggi di ibu kota. 

Menurut Cecep, dukungan Anies saat ini hanya diperebutkan oleh Pramono-Rano dan pasangan Rido. Jika dibandingkan pasangan Dharma-Kun, kedua pasangan itu punya peluang memenangi Pilgub DKI. Apalagi, ada jejak kedekatan antara kedua pasangan itu dengan Anies. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait