Politik

Saat Ganjar dan Ahok "nongkrong" di jajaran DPP PDI-P

Ada tujuan Megawati mengangkat Ganjar dan Ahok sebagai Ketua DPP PDI-Perjuangan?

Senin, 08 Juli 2024 13:02

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pengurus DPP PDI-P untuk masa bakti 2024-2025. Pelantikan para pengurus anyar digelar di sekolah partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7). 

Ganjar didapuk Megawati menjadi Ketua DPP PDI-P Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, sedangkan Ahok diangkat sebagai Ketua DPP Bidang Perekonomian. Sebelumnya, Ganjar dan Ahok tidak punya jabatan di struktural PDI-P. 

Saat ini, keduanya juga tak punya lagi "pekerjaan". Ahok mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina jelang pencoblosan Pilpres 2024. Adapun Ganjar purna tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 2023. 

Analis politik dari Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi Kusman memandang pengangkatan Ganjar dan Ahok sebagai Ketua DPP PDI-P merupakan strategi Megawati untuk merawat elektabilitas kader unggulannya. Ganjar dan Ahok juga dianggap bisa meningkatkan pamor PDI-P di mata publik yang babak belur pada Pilpres 2024.

"Dengan jabatan ini, mereka dalam sorotan publik dan memiliki peran-peran signifikan. Bukan hanya dari sisi elektabilitas, tapi dari sisi kapasitas. Ganjar itu memiliki pengalaman sebagai gubernur dan paham soal otonomi daerah," jelas Airlangga kepada Alinea.id, belum lama ini. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait