Politik

Mundurnya Airlangga: Saat penegak hukum jadi tukang gebuk penguasa

Aktivis 98 menyebut ada peran Jokowi dalam kemunduran Airlangga Hartarto dari kursi Ketum Golkar.

Rabu, 14 Agustus 2024 19:59

Rumor mengenai rencana pemeriksaan eks Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sempat beredar di kalangan wartawan, Selasa (13/8). Airlangga bahkan disebut-sebut bakal ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung. 

Namun, kabar itu dibantah Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Harli Siregar. Harli menegaskan Kejagung belum punya rencana memeriksa Airlangga. 

"Kami sampai saat ini belum mendapatkan info soal itu. Kami baru mendapatkan info dari teman-teman media,” kata Harli kepada wartawan 
di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (14/8). 

Airlangga mundur dari jabatannya sebagai Ketum Golkar, akhir pekan lalu. Kemunduran Airlangga terkesan janggal lantaran Golkar tergolong sukses di Pileg 2024. Airlangga sedang menggalang dukungan dari DPD Golkar untuk mencalonkan diri lagi pada Munas Golkar. 

Dugaan adanya intervensi politik dalam kemunduran Airlangga diungkap sejumlah eks aktivis 1998, termasuk di antaranya akademikus dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun dan Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait