Politik

Setelah Hasyim, mungkinkah petinggi KPU lainnya dipecat?

Secara kelembagaan, kinerja KPU dianggap buruk selama Pemilu 2024.

Minggu, 14 Juli 2024 12:08

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengusulkan agar semua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) diberhentikan dari jabatannya. Menurut dia, semua petinggi KPU tak becus menjalankan tugas sebagaimana Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP)

Usulan itu diungkap Mahfud dalam sebuah utas di akun media sosial X pribadinya @mohmahfudmd. "Pasca putusan DKPP memecat Ketua KPU Hasyim Asy'ari kita terus terkaget-kaget dengan berita selanjutnya," tulis Mahfud. 

Hasyim Asy'ari dipecat DKPP karena terjerat kasus tindak asusila terhadap seorang perempuan berinisial CAT. Pada Pemilu 2024, CAT ialah salah satu panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang bertugas di Den Haag, Belanda. Hasyim kedapatan meniduri CAT.

Tak hanya soal aktivitas asusila, menurut Mahfud, kinerja Hasyim dan kawan-kawan juga tergolong buruk selama menyelenggarakan pemilu. Ia juga menyinggung gaya hidup mewah para komisioner KPU. 

"Setiap komisioner KPU sekarang memakai 3 mobil dinas mewah ada juga penyewaan jet untuk alasan dinas yang berlebihan. Juga fasilitas lain jika ke daerah yang (maaf) asusila," ucap Mahfud. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait