Politik

Sosok ideal calon menteri luar negeri mendatang

Nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono dirumorkan bakal menjadi menteri luar negeri mendatang.

Rabu, 18 September 2024 06:05

Rumor Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono yang disebut-sebut bakal mengisi jabatan menteri luar negeri dalam pemerintahan Prabowo Subianto mendatang mencuat setelah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas), yang juga adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo mengatakan akan ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara yang bakal menjadi menteri.

Bocoran itu dilontarkan Hashim pada acara dialog nasional peningkatan sumber daya manusia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 di auditorium Podomoro University, Jakarta, Sabtu (7/9).

Menurut analis politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat, kurang tepat bila pos menteri luar negeri diisi sosok politikus yang belum memiliki pengalaman panjang dalam urusan diplomatik dan masalah global. Sebab, masalah global sangat rumit, memerlukan keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan diplomasi yang bertalian dengan nilai-nilai hukum internasional.

“Isu-isu global, seperti konflik geopolitik, perubahan iklim, keamanan regional, dan hubungan multilateral membutuhkan pengalaman dalam diplomasi,” ucap Cecep kepada Alinea.id, Senin (16/9).

Alumnus Centro Internacional Carlos V, Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol ini memandang, tanpa pengalaman langsung dengan isu politik luar negeri, maka menteri luar negeri akan kesulitan memahami mekanisme diplomasi yang kompleks. Semisal dalam negosiasi internasional atau saat hadir dalam forum multilateral untuk menyikapi keadaan geopollitik yang punya banyak tata aturan internasional.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait