Politik

Dari suami-istri hingga orang tua-anak: Bagaimana dinasti politik subur di DPR

Sebanyak 79 anggota DPR terpilih berasal dari dinasti politik.

Kamis, 26 September 2024 12:12

Aroma politik dinasti ternyata tak hanya kuat dalam kontestasi politik memilih pemimpin lembaga eksekutif saja. Hasil Pileg 2024 menunjukkan dinasti politik juga tumbuh subur di parlemen atau lembaga legislatif, baik di pusat maupun di daerah. 

Dari total 580 anggota DPR terpilih, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencatat sebanyak 79 orang terafiliasi dinasti politik. Para caleg punya relasi kekerabatan dengan pemangku kekuasaan, mulai di tingkat kepala daerah hingga pejabat di tingkat pusat.

"Ada yang suami, istri, anak, dan saudara-saudara dengan politisi, penguasa daerah, elite partai. Yang paling banyak adalah anak pejabat," kata peneliti Formappi Lucius Karus saat memaparkan hasil kajian di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Pusat, Selasa (24/9)

Berdasarkan riset Formappi, caleg terafiliasi politik dinasti terbanyak berasal dari dapil di Provinsi Jawa Barat, yakni 9 caleg, diekor Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara yang sama-sama meloloskan 7 caleg. Dapil Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung punya 6 caleg yang terafiliasi elit dan pejabat di tingkat lokal. 

"Seperti di Jawa Tengah, ada anak Ketua DPR Puan Maharani yang terpilih sebagai anggota legislatif," kata Lucius. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait