Politik

Tanpa Jokowi, mungkinkah Ganjar-Mahfud jadi jawara di Pilpres 2024?

Jokowi sudah hampir tak mungkin mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Senin, 30 Oktober 2023 06:00

Meskipun belum mengumumkan secara terbuka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hampir pasti bakal mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo). Jokowi diyakini bakal berseberangan dengan PDI-P yang resmi mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar Mahfud). 

Sinyalemen itu setidaknya diungkap Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Dalam sebuah acara di Tapos, Depok, Jawa Barat, Minggu (28/10), Rosan mengatakan dukungan relawan Jokowi kepada Prabowo ialah indikasi tegas arah politik Jokowi. 

"Kalau Pak Jokowinya ada di mana, relawannya bulet ada di situ. Relawan ini meyakini yang terbaik adalah Prabowo-Gibran. Dan, Mas Gibran ini, saya bicara dengan Bapak Presiden, Bapak Presiden menyampaikan, 'Ini adalah stempelnya saya. Mas Gibran itu, stempel saya'," ujar Rosan menirukan ucapan Jokowi.  

Di lain kubu, PDI-Perjuangan pun seolah sudah pasrah bakal pisah jalan dengan Jokowi. Dalam keterangan pers yang diterima Alinea.id, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan partainya sedang terluka lantaran Jokowi telah meninggalkan PDI-P. 

"Kami begitu mencintai dan memberikan privilege yang begitu besar kepada Presiden Jokowi dan keluarga. Namun, kami ditinggalkan karena masih ada permintaan lain yang berpotensi melanggar pranata kebaikan dan konstitusi," ujar Hasto. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait