Politik

Trump atau Biden, siapa yang paling "cuan" buat Indonesia?

Trump unggul atas Biden di debat perdana Pilpres 2024.

Kamis, 04 Juli 2024 11:46

Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024 mulai memasuki masa debat. Kembali mempertemukan kandidat dari Partai Republik Donald Trump dan politikus Partai Demokrat Joe Biden, debat perdana digelar Kantor CNN di Atlanta, Georgia, pada Kamis (28/6) malam waktu setempat atau Jumat (29/6) WIB. 

Dalam debat tersebut, Trump dinilai unggul. Jajak pendapat CNN menunjukkan sebanyak 67% penonton debat perdana Pilpres AS merasa Trump tampil lebih baik. Hanya sebanyak 33% yang bilang Biden menguasai panggung debat. 

Pada debat yang disiarkan secara langsung itu, Biden terlihat "kelelahan" dalam debat. Di sejumlah segmen, pria berusia 82 tahun itu terbata-bata menjawab pertanyaan. Suaranya hampir tak terdengar dan jawaban-jawaban yang ia utarakan terkesan ngaco

Meski begitu, belum ada hasil survei terbaru yang merekam elektabilitas kedua kandidat. Survei Reuters/Ipsos yang dilakoni pada periode 11-12 Juni menunjukkan Trump unggul tipis dari Biden. Tingkat keterpilihan Trump mencapai 41%, sedangkan Biden sebesar 39%. 

Sebelumnya, Trump dan Biden pernah bersaing di Pilpres AS 2020. Pilpres yang diwarnai beragam kontroversi itu dimenangkan Biden dengan raihan total suara sebesar 81 juta suara. Meski berstatus sebagai petahana, Trump meraup sekitar 74 juta suara. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait