PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp34,64 triliun untuk antisipasi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.
Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo mengatakan dari jumlah tersebut, sebesar 70% atau setara Rp24,25 triliun disiapkan untuk mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan sisanya senilai Rp10,39 triliun untuk unit kerja operasional.
Selain memastikan kesiapan uang tunai, bank dengan kode saham BBRI ini juga memastikan untuk tetap memberikan layanan operasional terbatas pada 24-25 Desember 2019 dan 1 Januari 2020 pada 240 kantor Bank BRI di seluruh Indonesia.
Hari mengatakan unit kerja Bank BRI tetap beroperasi secara terbatas melayani kebutuhan perbankan masyarakat seperti pembukaan rekening simpanan, pembuatan kartu ATM atau reissue PIN.
Selain itu, pendaftaran layanan e-banking seperti brimo dan internet banking BRI, penarikan dan setoran simpanan, layanan setoran pinjaman, layanan transaksi money changer, serta layanan complain handling.
"Bank BRI juga akan tetap menjalankan layanan weekend banking seperti biasanya," kata Hari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (18/12).
Tak hanya memberikan layanan operasional terbatas, lanjut Hari, Bank BRI juga memberikan layanan khusus untuk memperlancar kebutuhan masyarakat terhadap layanan perbankan selama libur Nataru.
Layanan tersebut di antaranya penebusan setoran BBM atau non BBM Pertamina, Penebusan SPP Bulog, layanan pick up service ASDP, Perhutani, Garuda Indonesia, layanan Visa On Arrival di pelabuhan dan bandara serta layanan Rumah Sakit 24 jam.
“Kami mengimbau seluruh masyarakat agar memanfaatkan jaringan e-channel BRI seperti internet banking BRI, aplikasi brimo, mesin ATM BRI dan CRM BRI. Serta Agen BRILink yang berjumlah lebih dari 400.000 di seluruh Indonesia untuk memudahkan transaksi dengan cepat, aman dan nyaman selama periode Nataru,” ujar Hari.