Bank DKI mendapatkan penghargaan Indonesia Best Bank 2023 for The Ease of Payment for Daily Needs untuk kategori bank pembangunan daerah (BPD) dari kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI) 2 atau antara Rp6 triliun-Rp14 triliun.
Penghargaan diberikan atas komitmen dan konsistensi perusahaan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu dalam menghadirkan berbagai layanan perbankan digital. Penghargaan diterima secara virtual oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI sekaligus Plt. Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono.
"Penghargaan ini dedikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan, nasabah, khususnya mitra bisnis yang tumbuh dan berbisnis bersama Bank DKI," ucap Amirul dalam keterangannya, Selasa (28/8).
Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang bernilai bagi Bank DKI dalam melakukan transformasi digital serta memperluas jangkauan layanan keuangan kepada nasabah. "Termasuk langkah kolaborasi, entitas, pemerintahan, BUMD, BUMN, maupun swasta lain."
Amirul melanjutkan, hadirnya berbagai produk dan layanan digital menjadi komitmen Bank DKI dalam menjawab tantangan di era digitalisasi sekaligus meningkatkan kinerja positif perusahaan.
"Digital shifting menjadi hal yang tidak terlepas dari upaya perseroan dalam menyambut perubahan perilaku masyarakat, khususnya nasabah yang membutuhkan layanan perbankan mudah, aman, dan nyaman. Sehingga, transformasi layanan perbankan digital terus menjadi concern kami," tuturnya.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan, Indonesia Best Bank Awards 2023 mendorong perseroan untuk terus memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan. Pun demikian dengan berbagai kolaborasi yang dilakukan.
"Penghargaan ini menjadi semangat bagi seluruh insan Bank DKI dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan dalam perwujudan capaian perusahaan menjadi bank pilihan bagi masyarakat Jakarta," katanya.
Sebagai informasi, Bank DKI secara konsisten melakukan peningkatan dan pengembangan layanan perbankan digital. Super apps JakOne Mobile, misalnya, karena memiliki beragam fitur transaksi pembayaran sehari-hari, mulai dari transfer antarrekening, pembukaan rekening, pindai QRIS, hingga zakat dan donasi.
Terbaru, Bank DKI meluncurkan fitur JakErte yang memudahkan pengurusan administrasi bagi pengurus RT. Selain itu, mengembangkan JakOne Abank bagi para pelaku UMKM dan layanan digital lain, seperti Cash Management System dan aplikasi pengajuan kredit/pembiayaan secara daring dengan aplikasi digital lending.
Dalam hal pelayanan transaksi nontunai menggunakan kartu, Bank DKI memperluas akseptasi JakCard. Sehingga, selain bisa digunakan untuk membeli karcis berbagai moda transportasi publik di ibu kota, bisa dimanfaatkan untuk membeli tiket masuk sejumlah museum hingga transaksi di berbagai merchant.
Adapun Indonesia Best Bank Awards 2023 diberikan kepada pelaku jasa keuangan dengan melewati sejumlah mekanisme penilaian. Salah satunya adalah metode desk research dengan 6 aspek variable, yaitu profil risiko, tata kelola perusahaan, rentabilitas, permodalan, kinerja intermediasi, dan digital shifting condition.
Selanjutnya, metode media monitoring dan metode expert panels. Prinsip ini diadopsi untuk memperkuat kandidat penerima penghargaan.
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae, mengapresiasi jalinan kerja sama antara OJK, industri perbankan, institusi pemerintah, asosiasi, dan media massa yang terlibat dalam berbagai inisiatif dalam mendukung perkembangan industri perbankan.
OJK, lanjutnya, berkomitmen dalam mendukung perkembangan industri perbankan, termasuk berbagai inovasi operasional bisnis bank guna memberikan pelayanan prima.
"Industri perbankan terus mengakselerasi digitalisasi produk dan layanannya sehingga dapat memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menyikapi peluang dari perkembangan teknologi digital," ujar Dian.