Bank DKI kembali meraih penghargaan bidang kehumasan sebagai Top Digital PR Special Achievement for BUMD. Penghargaan diberikan Infoekonomi.ID dan perusahaan riset dan konsultan digital, Tras N Co, serta diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy.
Ada beberapa kriteria penilaian yang digunakan. Misalnya, digital media aspect, digital sentiment aspect, dan digital awareness aspect. Adapun Bank DKI mencatatkan skor tertinggi (97,41) dalam 3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023 Kategori BUMD.
Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, menyatakan, raihan kinerja positif yang ditorehkan perusahaan tidak serta merta menjadikan citra positif perusahaan di ruang publik menjadi semakin mentereng. Sebab, di balik itu terdapat upaya kehumasan yang menjadi ujung tombak dalam membangun persepsi.
"Proses komunikasi yang terbuka, konstruktsif, dan proporsional dalam menyampaikan informasi yang tepat mengenai langkah demi langkah pencapaian bisnis turut memegang peran strategis dalam menunjang citra positif perseroan. Terlebih di era digital, Bank DKI dituntut untuk turut adaptif terhadap tren komunikasi yang mengalami perubahan signifikan dengan munculnya berbagai teknologi dan platform komunikasi baru," tuturnya dalam keterangannya, Kamis (22/6).
Ia melanjutkan, tren digital PR memberikan peluang tak terbatas untuk berinteraksi secara langsung dan real time. Karenanya, Bank DKI terus melakukan transformasi digital dan inovasi di semua lini.
Dicontohkannya dengan aplikasi JakOne Mobile dan JakOne Pay. "Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat bertransaksi dengan mudah, aman, nyaman, kapan dan di mana saja," ucapnya.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan, perseroan mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi dengan media massa untuk memperkenalkan produk dan layanan serta berbagai aksi korporasi kepada masyarakat luas. Selain itu, menggunakan beberapa platform media digital, seperti media sosial maupun media massa online, sebagai sarana publikasi yang dijalankan.
"Digitalisasi di berbagai bidang juga terus digalakkan seiring implementasi transformasi perseroan dengan menghadirkan solusi perbankan digital yang andal, seperti super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, maupun JakOne Abank, dan layanan lainnya seperti Cash Management System, serta aplikasi pengajuan kredit dan pembiayaan secara online melalui e-form KMG dan pengembangan aplikasi digital lending," paparnya.
"Dalam hal pelayanan transaksi nontunai menggunakan kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagai kartu uang elektronik di berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk sejumlah museum, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan Bank DKI," imbuhnya.
Sementara itu, CEO Infoekonomi.ID, Arief Munajad, menerangkan, digital PR adalah integrasi antara kehumasan dengan pemasaran digital berbasis search engine optimization (SEO). Penghargaan ini diberikan kepada BUMN dan BUMD yang berhasil memanfaatkan digital PR dalam berkomunikasi dengan efektif dan menjalin engagement dengan konsumen serta masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan.
Di sisi lain, pakar PR, Hifni Alifahmi, menerangkan, memilih saluran komunikasi yang tepat dan memanfaatkan konvergensi media komunikasi sebagai momentum emas dalam menyampaikan pesan-pesan bermakna dan inspiratif merupakan salah satu hal penting. Ia juga menyoroti fenomena omni channel/metaverse dan human machine interface sebagai aspek penting dalam strategi komunikasi organisasi ke depan.