close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn. (komunitas.bukalapak.com)
icon caption
Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn. (komunitas.bukalapak.com)
Bisnis
Kamis, 10 Januari 2019 17:15

Bukalapak enggan jadi decacorn

Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar (setara Rp140 triliun).
swipe

Situs dagang daring Bukalapak tidak berambisi menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar (setara Rp140 triliun). Co-founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyidmemilih fokus dalam memberdayakan pelapak usaha kecil daripada menjadi decacorn 

"Yang namanya decacorn unicorn itu bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama. Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia," ujar Fajrin di Jakarta, Kamis (10/1).

Lebih lanjut, Fajrin mengatakan Bukalapak fokus pada jumlah transaksi pelapak. Menurut dia, valuasi juga dipengaruhi, salah satunya oleh kondisi ekonomi.

"Valuasi dan lain sebagainya itu its come as a result, yang kita fokuskan adalah result atau transaksi yang terjadi di Bukalapak itu sendiri. Jadi kita enggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal," ujar Fajrin.

Dalam kesempatan tersebut, founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky tidak mau berkomentar mengenai pendanaan, namun mengatakan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi startup lain setidaknya untuk saat ini.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud, di Jakarta Rabu (9/1), mengatakan bahwa Indonesia tahun ini memiliki setidaknya satu decacorn.

"Tapi potensinya ada dua (decacorn). Mungkin satu ronde pendanaan lagi akan ada satu decacorn. Ibarat durian runtuh, akan ada satu unicorn lagi (di 2019) dan decacorn," ujar Menkominfo Rudiantara.

Sayangnya, Rudiantara enggan menyebut startup yang berpotensi menjadi decacorn dan unicorn. Startup Unicorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar  atau sekitar Rp14 triliun.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia memiliki empat unicorn, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.  (Ant)

img
Laila Ramdhini
Reporter
img
Laila Ramdhini
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan