Platform jual beli mobil dan unicorn otomotif pertama di Asia Tenggara, Carro Indonesia, memperkuat sistem layanan pelanggan dengan memperkenalkan TalkBot, sebuah fitur kecerdasan artifisial berbasis suara.
Bekerja sama dengan WIZ.AI, yang merupakan pengembang sistem Voice AI (voicebot) bagi bisnis, Carro mengembangkan sistem hiper personalisasi untuk mendukung interaksinya dengan pelanggan yang berniat menjual atau membeli kendaraan. Fitur ini resmi diluncurkan sejak Desember 2020 dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya sebelum memasuki negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia dan Singapura.
TalkBot tidak hanya bot yang bisa menjawab pelanggan, tetapi juga bisa mendengar, memahami, dan berbicara dalam beberapa bahasa yang ada di Asia Tenggara dipadu dengan aksen lokal. Dengan demikian, kecerdasan buatan ini mampu menyesuaikan dengan nada bicara dan aksen yang lebih spesifik.
"Sektor otomotif Asia Tenggara tengah berada di pusat revolusi digital. Pandemi Covid-19 ternyata mampu mempercepat penerapan teknologi digital di industri otomotif dan Carro secara konstan menyesuaikan diri untuk berinteraksi secara lebih baik dengan pelanggan dengan berbagai cara," ujar Co-Founder Carro, Aditya Lemana, dalam keterangan resminya, Jumat (7/1).
Ke depannya, Carro berjanji, akan terus berinvestasi di bidang teknologi dan melakukan kerja sama dengan ekosistem dengan visi yang sejalan guna memperbaiki pengalaman jual beli para pemilik mobil.
Cara TalkBot bantu penjualan mobil
Sejak diluncurkan pada Desember 2020, fitur voicebot berbasis AI mampu melayani lebih dari 95% percakapan dengan pelanggan melalui telepon. Penggunaan teknologi Talkbot AI meningkatkan kapasitas pusat panggilan (call center) Carro untuk memproses panggilan hingga lebih dari 400% tanpa penambahan SDM.
Tidak hanya menerima panggilan, TalkBot juga dapat melakukan percakapan hingga panggilan berakhir. Adanya kemampuan TalkBot ini membantu menambahkan volume potensi transaksi dan membantu Carro menjadi platform jual beli mobil yang mudah diakses konsumen.
"Suara merupakan bagian dari masa depan teknologi AI bagi interaksi dengan pelanggan dalam ranah layanan pelanggan. Kerja sama WIZ.AI dengan Carro dalam mengembangkan teknologi ini turut memungkinkan kami untuk terus bertumbuh dan merambah industri baru, yaitu otomotif, sehingga mampu mendigitalisasi industri ini agar lebih banyak menjangkau pelanggan di Asia Tenggara," tutur CEO dan Founder WIZ.AI, Jennifer Zhang.
Penambahan fitur TalkBot merupakan salah satu upaya Carro dalam memperkuat infrastruktur digital dan mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan jual beli mobil yang mengutamakan kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia.
Fitur terbaru ini merupakan satu dari serangkaian inovasi yang sudah dilakukan Carro dalam layanan pelanggan. Carro juga menyediakan proses pembelian mobil secara hybrid online-offline. Konsumen dapat mengakses riwayat mobil lengkap secara online ataupun melihat mobil dan melakukan test drive secara langsung di Carro Automall dan Customer Experience Center.