PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) menargetkan marketing sales Rp5,9 triliun pada 2021. Sementara, capaian marketing sales pada semester 1-2021 sekitar Rp3,5 triliun atau sekitar 61% dari target penjualan tahun ini.
Direktur PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso mengatakan, marketing sales paling banyak disumbang oleh Jabodetabek sebesar 41%.
“Di Jabodetabek ada 41%, Surabaya dan sekitarnya 22%, kota-kota lain di Jawa 18%, Sumatera 15%, Sulawesi 4%,” tutur Tulus Santoso dalam acara Public Expose Live 2021, Jumat (10/9).
Tulus Santoso mengatakan, pendapatan marketing sales pada 2021 didominasi oleh kavling dan rumah 79%, ruko 8%, apartemen 12%, strata title kantor 1%.
Sepuluh proyek CTRA yang tercatat memberikan kontribusi terbesar untuk pencapaian marketing sales adalah CitraLand Surabaya, CitraRaya Tangerang, CitraLand Gama City Medan, Citra Sentul Raya, CitraGarden City Jakarta, CitraLand Puncak Tidar Malang, Ciputra World Jakarta 2, CitraIndah City Jonggol, Citra Maja Raya dan CitraLand Palembang.
Secara pembayaran untuk semester 1-2020 juga menunjukkan adanya peningkatan, di mana metode pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) meningkat menjadi 56% atau tumbuh 6% dibandingkan tahun lalu.
Pencapaian marketing sales CTRA selama semester 1-2021 menunjukan kenaikan sebesar 77%, jika dibandingkan dengan semester 1-2020. Sejumlah faktor yang mendukung pencapaian ini adalah stimulus pemerintah dalam memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) memberikan kontribusi 25% dari pencapaian target marketing sales.
Selain itu, CTRA juga telah meluncurkan dua proyek baru pada 2021, proyek baru yang pertama adalah CitraLand Puncak Tidar seluas 32 hektare di Malang. Proyek baru yang kedua adalah CitraLand Mark Ciracas seluas tujuh hektare di Jakarta Timur.