Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Saleh menyampaikan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Peran UMKM juga turut serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19, karena kehadirannya ada di tengah masyarakat.
“UMKM ini ada dan bisa menyentuh ke akar rumput masyarakat, sehingga bisa merealisasikan pemerataan ekonomi. Ini menjadi poin kritis pertumbuhan ekonomi nasional, karena 98% dari 69 juta UMKM ada di level mikro,” ujar Chairul dalam acara konferensi pers Pesta Retail Nasional 2023, ditulis Jumat (10/2).
Persentase tersebut pun, menurut Chairul, berpengaruh bagi perekonomian nasional, seperti meningkatnya produk domestik bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, dan produktivitas. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM pun, dia bilang, perlu peran serta dan sinergitas antara pemerintah dan swasta, serta stakeholder lainnya.
Di Indonesia sendiri, salah satu UMKM yang banyak dan mudah ditemui adalah toko kelontong. PT SRC Indonesia Sembilan (SRC) merupakan salah satu pihak swasta yang turut membantu pengembangan UMKM terutama toko kelontong. Keterlibatan SRC diketahui dalam bentuk pendampingan dan pembinaan.
Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Rima Tanago menyebutkan, SRC telah melakukan pendampingan dan pembinaan sejak 2008.
Ia mengaku, SRC akan terus berkomitmen untuk konsisten memberikan perubahan positif bagi UMKM yang tergabung dalam toko kelontong SRC dan Mitra SRC yang merupakan toko grosir penyuplai toko kelontong SRC. Sehingga, bisa berdampak baik dalam perekonomian Indonesia.
“Kami ingin mendorong toko kelontong SRC sebagai Solusi Belanja Harian bagi masyarakat. Untuk itu selama 15 tahun terakhir kami menjalankan berbagai inisiatif pengembangan UMKM toko kelontong,” tutur Rima.
Salah satu dukungan SRC ini adalah acara Pesta Retail Nasional (PRN) 2023 yang menjadi wadah bagi UMKM untuk naik kelas, khususnya terdigitalisasi. Dalam PRN 2023, toko kelontong SRC dan Mitra SRC dari seluruh Indonesia saling bertemu.
Realisasi pendampingan SRC atas dukungan terhadap produk lokal, menurut Rima, ditunjukkan dengan adanya Pojok Lokal di setiap toko kelontong SRC.
Pojok Lokal sendiri merupakan sudut toko yang menjual produk-produk UMKM sekitar. Ini sejalan dengan program pemerintah yaitu Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
Selain itu untuk mendukung UMKM naik kelas, Rima mengungkapkan, pihaknya telah mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital, di antaranya melalui dukungan digitalisasi UMKM.