close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.
icon caption
Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.
Bisnis
Senin, 11 April 2022 15:08

Perfilman pascapandemi: Horor, romansa dan komedi tak selalu jadi primadona

Film dengan pesan kuat makin meramaikan perfilman nasional selain genre horor, komedi, maupun romansa.
swipe

“(Pandemi) Bukanlah satu halangan untuk menciptakan mahakarya yang luar biasa bagi dunia perfilman tanah air," ucap Reza Rahadian, dalam gelaran Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia, Rabu, 10 Oktober 2021 lalu.

Aktor yang menjadi Ketua Komite Film Festival Indonesia periode 2021-2023 ini menegaskan dalam perubahan yang terjadi, insan perfilman Indonesia tetap berjuang untuk berkarya. Pernyataan pelakon mantan Presiden Indonesia B. J. Habibie dalam film Habibie & Ainun ini, nyatanya bukan omong kosong belaka.

Terbukti dari jumlah film yang ditayangkan di bioskop sepanjang tahun 2021. Menurut catatan Pengamat Film Yan Widjaya, di sepanjang tahun lalu ada sebanyak 36 judul film di putar di berbagai bioskop di seluruh Indonesia. 

Jumlah tersebut tumbuh tipis dibandingkan tahun 2020 dengan 35 judul film yang ditayangkan di bioskop. Sedang pada tahun 2019, ada 121 judul film. Di tahun 2022 sendiri, hingga Kamis (7/4) lalu, berdasarkan data filmindonesia.or.id, sudah ada 41 judul film yang ditayangkan di bioskop. 

Sejauh ini, film 'Kukira Kau Rumah' karya sutradara muda Umay Shahab berhasil mendapatkan penonton terbanyak, yakni sekitar 2,2 juta orang. Kemudian disusul oleh 'Dear Nathan: Thank You Salma' karya sutradara Agus Nugroho atau yang lebih dikenal sebagai Kuntz Agus, dengan jumlah penonton 754.112 orang.

Penulis dan Editor Majalah Art Effect Miftachul Arifin mengungkapkan, salah satu alasan larisnya film 'Kukira Kau Rumah' yang ditulis oleh Monty Tiwa dan penulis anyar Imam Salimy ialah karena isu yang diangkatnya; kesehatan mental. 

<blockquote class="instagram-media" data-instgrm-captioned data-instgrm-permalink="https://www.instagram.com/p/Cat2VzDJs98/?utm_source=ig_embed&amp;utm_campaign=loading" data-instgrm-version="14" style=" background:#FFF; border:0; border-radius:3px; box-shadow:0 0 1px 0 rgba(0,0,0,0.5),0 1px 10px 0 rgba(0,0,0,0.15); margin: 1px; max-width:540px; min-width:326px; padding:0; width:99.375%; width:-webkit-calc(100% - 2px); width:calc(100% - 2px);"><div style="padding:16px;"> <a href="https://www.instagram.com/p/Cat2VzDJs98/?utm_source=ig_embed&amp;utm_campaign=loading" style=" background:#FFFFFF; line-height:0; padding:0 0; text-align:center; text-decoration:none; width:100%;" target="_blank"> <div style=" display: flex; flex-direction: row; align-items: center;"> <div style="background-color: #F4F4F4; border-radius: 50%; flex-grow: 0; height: 40px; margin-right: 14px; width: 40px;"></div> <div style="display: flex; flex-direction: column; flex-grow: 1; justify-content: center;"> <div style=" background-color: #F4F4F4; border-radius: 4px; flex-grow: 0; height: 14px; margin-bottom: 6px; width: 100px;"></div> <div style=" background-color: #F4F4F4; border-radius: 4px; flex-grow: 0; height: 14px; width: 60px;"></div></div></div><div style="padding: 19% 0;"></div> <div style="display:block; height:50px; margin:0 auto 12px; width:50px;"><svg width="50px" height="50px" viewBox="0 0 60 60" version="1.1" xmlns="https://www.w3.org/2000/svg" xmlns:xlink="https://www.w3.org/1999/xlink"><g stroke="none" stroke-width="1" fill="none" fill-rule="evenodd"><g transform="translate(-511.000000, -20.000000)" fill="#000000"><g><path d="M556.869,30.41 C554.814,30.41 553.148,32.076 553.148,34.131 C553.148,36.186 554.814,37.852 556.869,37.852 C558.924,37.852 560.59,36.186 560.59,34.131 C560.59,32.076 558.924,30.41 556.869,30.41 M541,60.657 C535.114,60.657 530.342,55.887 530.342,50 C530.342,44.114 535.114,39.342 541,39.342 C546.887,39.342 551.658,44.114 551.658,50 C551.658,55.887 546.887,60.657 541,60.657 M541,33.886 C532.1,33.886 524.886,41.1 524.886,50 C524.886,58.899 532.1,66.113 541,66.113 C549.9,66.113 557.115,58.899 557.115,50 C557.115,41.1 549.9,33.886 541,33.886 M565.378,62.101 C565.244,65.022 564.756,66.606 564.346,67.663 C563.803,69.06 563.154,70.057 562.106,71.106 C561.058,72.155 560.06,72.803 558.662,73.347 C557.607,73.757 556.021,74.244 553.102,74.378 C549.944,74.521 548.997,74.552 541,74.552 C533.003,74.552 532.056,74.521 528.898,74.378 C525.979,74.244 524.393,73.757 523.338,73.347 C521.94,72.803 520.942,72.155 519.894,71.106 C518.846,70.057 518.197,69.06 517.654,67.663 C517.244,66.606 516.755,65.022 516.623,62.101 C516.479,58.943 516.448,57.996 516.448,50 C516.448,42.003 516.479,41.056 516.623,37.899 C516.755,34.978 517.244,33.391 517.654,32.338 C518.197,30.938 518.846,29.942 519.894,28.894 C520.942,27.846 521.94,27.196 523.338,26.654 C524.393,26.244 525.979,25.756 528.898,25.623 C532.057,25.479 533.004,25.448 541,25.448 C548.997,25.448 549.943,25.479 553.102,25.623 C556.021,25.756 557.607,26.244 558.662,26.654 C560.06,27.196 561.058,27.846 562.106,28.894 C563.154,29.942 563.803,30.938 564.346,32.338 C564.756,33.391 565.244,34.978 565.378,37.899 C565.522,41.056 565.552,42.003 565.552,50 C565.552,57.996 565.522,58.943 565.378,62.101 M570.82,37.631 C570.674,34.438 570.167,32.258 569.425,30.349 C568.659,28.377 567.633,26.702 565.965,25.035 C564.297,23.368 562.623,22.342 560.652,21.575 C558.743,20.834 556.562,20.326 553.369,20.18 C550.169,20.033 549.148,20 541,20 C532.853,20 531.831,20.033 528.631,20.18 C525.438,20.326 523.257,20.834 521.349,21.575 C519.376,22.342 517.703,23.368 516.035,25.035 C514.368,26.702 513.342,28.377 512.574,30.349 C511.834,32.258 511.326,34.438 511.181,37.631 C511.035,40.831 511,41.851 511,50 C511,58.147 511.035,59.17 511.181,62.369 C511.326,65.562 511.834,67.743 512.574,69.651 C513.342,71.625 514.368,73.296 516.035,74.965 C517.703,76.634 519.376,77.658 521.349,78.425 C523.257,79.167 525.438,79.673 528.631,79.82 C531.831,79.965 532.853,80.001 541,80.001 C549.148,80.001 550.169,79.965 553.369,79.82 C556.562,79.673 558.743,79.167 560.652,78.425 C562.623,77.658 564.297,76.634 565.965,74.965 C567.633,73.296 568.659,71.625 569.425,69.651 C570.167,67.743 570.674,65.562 570.82,62.369 C570.966,59.17 571,58.147 571,50 C571,41.851 570.966,40.831 570.82,37.631"></path></g></g></g></svg></div><div style="padding-top: 8px;"> <div style=" color:#3897f0; font-family:Arial,sans-serif; font-size:14px; font-style:normal; font-weight:550; line-height:18px;">View this post on Instagram</div></div><div style="padding: 12.5% 0;"></div> <div style="display: flex; flex-direction: row; margin-bottom: 14px; align-items: center;"><div> <div style="background-color: #F4F4F4; border-radius: 50%; height: 12.5px; width: 12.5px; transform: translateX(0px) translateY(7px);"></div> <div style="background-color: #F4F4F4; height: 12.5px; transform: rotate(-45deg) translateX(3px) translateY(1px); width: 12.5px; flex-grow: 0; margin-right: 14px; margin-left: 2px;"></div> <div style="background-color: #F4F4F4; border-radius: 50%; height: 12.5px; width: 12.5px; transform: translateX(9px) translateY(-18px);"></div></div><div style="margin-left: 8px;"> <div style=" background-color: #F4F4F4; border-radius: 50%; flex-grow: 0; height: 20px; width: 20px;"></div> <div style=" width: 0; height: 0; border-top: 2px solid transparent; border-left: 6px solid #f4f4f4; border-bottom: 2px solid transparent; transform: translateX(16px) translateY(-4px) rotate(30deg)"></div></div><div style="margin-left: auto;"> <div style=" width: 0px; border-top: 8px solid #F4F4F4; border-right: 8px solid transparent; transform: translateY(16px);"></div> <div style=" background-color: #F4F4F4; flex-grow: 0; height: 12px; width: 16px; transform: translateY(-4px);"></div> <div style=" width: 0; height: 0; border-top: 8px solid #F4F4F4; border-left: 8px solid transparent; transform: translateY(-4px) translateX(8px);"></div></div></div> <div style="display: flex; flex-direction: column; flex-grow: 1; justify-content: center; margin-bottom: 24px;"> <div style=" background-color: #F4F4F4; border-radius: 4px; flex-grow: 0; height: 14px; margin-bottom: 6px; width: 224px;"></div> <div style=" background-color: #F4F4F4; border-radius: 4px; flex-grow: 0; height: 14px; width: 144px;"></div></div></a><p style=" color:#c9c8cd; font-family:Arial,sans-serif; font-size:14px; line-height:17px; margin-bottom:0; margin-top:8px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;"><a href="https://www.instagram.com/p/Cat2VzDJs98/?utm_source=ig_embed&amp;utm_campaign=loading" style=" color:#c9c8cd; font-family:Arial,sans-serif; font-size:14px; font-style:normal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none;" target="_blank">A post shared by m.a (@umayshahab)</a></p></div></blockquote> <script async src="//www.instagram.com/embed.js"></script>

Dalam film ini, baik Umay maupun produser sekaligus pemeran utama 'Kukira Kau Rumah' Prilly Latuconsina, nampaknya memiliki perhatian yang sama terkait permasalahan psikologis yang sebenarnya cukup banyak terjadi di tanah air. Dari film ini pula, keduanya ingin mengajak masyarakat agar menjadikan isu penting ini sebagai perhatian khusus.

“Terutama bagi mereka yang memiliki seseorang dengan permasalahan psikologis di sekitarnya. Dan 'Kukira Kau Rumah' dapat memberitahumu, bagaimana harus menyikapi orang tersebut, cara men-treatment dan bagaimana memosisikan diri ketika berada di sampingnya,” kata Miftachul, kepada Alinea.id, beberapa waktu lalu.

Bukan hanya hiburan

Meski tak pesat, industri film Indonesia memang telah banyak berubah. Jika dulu film maker (pembuat film) hanya membuat karya tontonan ringan yang menghibur, kini film juga mempunyai pesan khusus di dalamnya. 

Hal ini pun diamini oleh Pengamat Film dan Budaya Pop Hikmat Darmawan. Dia menilai, sejatinya film bukan hanya produk hiburan saja, melainkan juga sebagai cerminan realitas kehidupan yang terjadi di masyarakat. Sehingga wajar saja, jika di dalam sebuah film, ada pesan yang tersembunyi, baik itu terkait isu sosial, budaya, kesehatan, hingga politik.
 
"Beberapa film maker ini beranggapan, kalau dengan menyelipkan pesan di dalam filmnya, nanti akan terlalu berat untuk dikonsumsi masyarakat. Padahal, film seperti Gundala saja itu ada pesannya. Malah, kalau tidak ada, nanti akan jadi film yang ecek-ecek," katanya, saat berbincang dengan Alinea.id, Jumat (8/4).

Bagusnya, sekarang sudah mulai banyak sineas yang memasukkan pesan-pesan kehidupan dalam film yang mereka buat, alih-alih hanya mengejar rating dan jumlah penonton saja. Meski tak dapat dinafikan, rating dan jumlah penonton tetap menjadi salah satu tujuan para sineas dalam membuat film.

Ilustrasi produksi film. Unsplash.com.

Demi balik modal, begitu kata Hikmat. Karena bagaimanapun, dalam memproduksi film dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi, dalam masa pandemi, ongkos produksi kian bertambah dengan masuknya anggaran kesehatan kru film.

Sebut saja untuk biaya swab tes, penyediaan protokol kesehatan di lokasi syuting, hingga penyesuaian jadwal yang mungkin dapat terjadi karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) maupun saat ada kru film yang terjangkit virus Covid-19.

"Karena di situ, syuting menjadi lebih lama, sampai akhirnya biaya produksi juga membengkak," jelasnya. 

Sementara itu, beberapa sineas muda, terutama sutradara senantiasa menyisipkan pesan dalam filmnya. Mereka adalah Yosep Anggi Noen yang populer dengan filmnya 'The Science of Fiction' (2019), Kamila Andini dengan 'Yuni' yang berhasil membawa pulang 7 piala dari ajang Piala Maya 2022, Wregas Bhanuteja yang berhasil menyabet penghargaan Cannes Film Festival dengan 'Prenjak'-nya, Mouly Surya yang makin populer karena film 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak', Umay Shahab dengan film debutnya 'Kukira Kau Rumah', dan masih banyak lainnya. 

Kritikus Film ini menilai, ada beberapa hal yang menjadikan sineas-sineas muda ini berani menggarap film yang memiliki pesan kuat, bahkan tak jarang terkesan eksperimental. Pertama, sutradara-sutradara muda ini tumbuh dengan gaya produksi indie atau independen. Mereka, kata dia, memiliki kemerdekaan atau perspektif tersendiri dalam memperlakukan kamera atau elemen film lainnya. 

"Jadi mereka lebih eklektif lah. Dari segi rujukan juga mereka lebih kaya, karena memang mereka sudah bisa bergaul dengan film-film maker dunia, atau berasal dari sekolah film," imbuhnya. 

Meski tak banyak, nama-nama sutradara muda ini memberikan harapan bahwa masih ada sineas Indonesia yang berpegang pada prinsip pembuatan film. Di mana mereka tidak hanya berbicara tentang bagaimana untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak dan menjadikan sebuah film viral, tanpa melihat kualitas alur cerita dan pemilihan tokoh. Estetika dan isi film itu sendiri juga menjadi unsur penting untuk disajikan ke depan para penonton.
 
"Walaupun risikonya, film-film mereka akan dijauhi olah masyarakat penonton, bahkan bioskop. Karena tidak sejalan dengan pasar film nasional," ungkap Penulis Skenario Gunawan Raharja, saat dihubungi Alinea.id, Sabtu (9/4).

Namun demikian, para sineas muda ini tak perlu mengkhawairkan berbagai hal, utamanya jumlah penonton. Sebab, se-eksperimental apapun film yang akan mereka buat, pasti akan mendapatkan penonton.

Bahkan, bisa jadi film-film yang diproduksi secara independen ini justru lebih sukses dan dapat menarik lebih banyak penonton, ketimbang film kebanyakan yang diproduksi dengan pendekatan pop, menghibur dan menghamba kepada masyarakat penonton. 

Hal ini, bahkan telah dibuktikan oleh beberapa sineas muda Indonesia, Kamila Andini misalnya. Dengan 'Yuni', putri sutradara senior Garin Nugroho ini berhasil menyabet penghargaan Platform Prize di Festival Film Internasional Toronto 2021. Pun dengan film teranyarnya 'Before, Now & Then (Nana)' yang kini masuk nominasi Berlin International Film Festival di Jerman. 

"Film-film seperti ini, yang memproyeksikan estetika akan tetap ada. Mereka bagian dari pola keberagaman tontonan masyarakat dan masing-masing akan punya ceruk penontonnya sendiri," imbuh Gunawan.

Ilustrasi Unsplash.com.

Di sisi lain, film dengan pendekatan pop, bersifat menghibur dan juga berpangku pada tren penonton juga akan terus diproduksi. Sebab, dengan memproduksi film-film yang biasanya memiliki tema besar komedi, romansa dan horor adalah salah satu cara agar para sineas atau rumah produksi khususnya dapat tetap bertahan di kondisi yang serba sulit ini. 

"Karena bagaimanapun film adalah industri yang butuh pasar untuk menghidupi karyawannya. Dan produksi film yang mengedepankan hiburan inilah yang akan memperpanjang napas industri film kita," ujarnya.

Horor masih jadi andalan

Hal ini pun lantas diamini oleh sutradara film pendek horor 'Makmum' dan 'Makmum 2' Riza Pahlevi. Menurutnya, sampai saat ini ketiga genre tersebut masih akan menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Bahkan, genre andalannya, horor juga masih sangat laris di pasaran. 

Hal ini terlihat dari jumlah penonton film horor yang masih menempati posisi 15 besar dalam kategori penonton terbanyak berdasarkan filmindonesia.or.id. Film horor 'Teluh' misalnya, menempati posisi ke-3 pada pemutaran film di 2022, dengan jumlah penonton sebanyak 500.039 orang. Atau Makmum 2, film horor yang disutradarai Riza, di mana pada 2021 lalu berhasil menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak, yakni 1,76 juta orang. 

Film Indonesia peringkat teratas dalam perolehan jumlah penonton berdasarkan tahun edar

Tahun

Judul film

Jumlah penonton

2022

Kukira Kau Rumah

2.219.265

2022

Dear Nathan: Thank You Salma

754.122

2021

Makmum 2

1.762.847

2021

Nussa

446.482

2020

Milea: Suara dari Dilan

3.157.817

2020

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

2.256.908

2019

Dilan 1991

5.253.411

2019

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

2.662.356

2018

Dilan 1990

6.315.664

2018

Suzzana: Bernapas dalam Kubur

3.346.185

Sumber: Filmindonesia.or.id

Jumlah penonton tersebut masih dapat mengalami kenaikan, mengingat film yang diproduksi saat ini banyak juga yang ditayangkan melalui platform streaming, seperti Netflix, Disney Hotstar, atau media online lainnya.

Riza bilang, capaian ini sudah cukup fantastis, mengingat saat pandemi jam buka bioskop sering kali mengalami perubahan, karena harus mematuhi kebijakan PPKM yang berlaku. Apalagi, selama pandemi banyak penyesuaian harus dilakukan oleh industri film nasional. Karenanya, tidak heran jika pasca pagebluk, terjadi beberapa perubahan pada industri film Indonesia, baik dari sisi produksi maupun dari sisi pemasaran.

Menurutnya, dari sisi produksi, saat ini para sineas lebih banyak explore tempat untuk syuting. "Jadi, sekarang latar yang digunakan tidak hanya berfokus di Jawa. Kami juga sangat memperhatikan detil latar film. Apakah film ini berlatar saat pandemi, sebelum apa sesudah," jelasnya, saat dihubungi Alinea.id, Sabtu (9/4).

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada film pendek dan panjang saja, melainkan diterapkan pula pada produksi film dokumenter. Bahkan, cerita pada film dokumenter juga mengalami banyak perluasan. 

Ilustrasi Unsplash.com.

Jika pada periode sebelumnya film dokumenter yang banyak diminati masyarakat adalah yang berkaitan dengan sejarah, sekarang sudah tidak lagi. Bahkan, saat ini para sineas lebih banyak memproduksi film dokumenter dengan tema kesehatan, lingkungan, gender, hingga kehidupan suku-suku pedalaman. 

"Karena selama pandemi ini peminat film dokumenter juga semakin banyak. Makanya sutradara-sutradara film dokumenter berani untuk mengeksplor genre lain," jelas Sutradara film dokumenter 'The Flame (Bara)' Arfan Sabran, kepada Alinea.id, Kamis (7/4).

Sineas yang juga menyutradarai film 'Invisible Hopes' ini menilai, film dokumenter memiliki kekuatan besar dalam menyampaikan sebuah pesan dan topik yang lebih luas. Karena itu, penting bagi sineas untuk dapat menceritakan isu yang besar dengan gaya penceritaan yang personal, baik bagi pembuat maupun penonton. 

"Dalam konteks produksi, adalah bagaimana kita bisa menyampaikan secara personal saat mengangkat isu besar, seperti krisis lingkungan misalnya," lanjut Arfan.

Singkatnya, baik untuk film panjang, pendek, maupun dokumenter, film yang bakal banyak dirilis di masa depan oleh sineas-sineas muda adalah karya visual dengan pesan yang jelas dan positif. Dus, film tak hanya jadi hiburan semata namun juga ajang diskusi.

Namun demikian, untuk menciptakan film yang berkualitas, ada tantangan besar yang harus dihadapi oleh para sineas, utamanya bagi mereka yang baru terjun ke dunia perfilman. Tantangan tersebut tak lain ialah pendanaan. Apalagi, untuk mendaftarkan sebuah karya ke festival film, dibutuhkan dana tersendiri yang tidak termasuk dalam ongkos produksi. 

"Untungnya, sekarang sudah banyak yang pengirimannya bisa dilakukan secara digital. Jadi tinggal klik di website penyelenggara festival filmnya saja," kata Sutradara 'The Science of Fiction' Yosep Anggi Noen, saat dihubungi Alinea.id, Minggu (10/4).

Terlepas dari itu, menurutnya, ada tiga syarat agar sebuah film layak untuk didaftarkan dalam festival film luar negeri. Syarat itu antara lain, film harus digarap dengan baik, memiliki identitas atau unik, serta topik film penting untuk dibicarakan. 

"Kalau sudah merasa memenuhi ketiga syarat itu, kirimkan saja. Tidak perlu takut, kalau kamu merasa punya film yang bagus," tegas Anggi.

Sementara itu, untuk mendukung perkembangan industri film dalam negeri, Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengungkapkan, sejak 2020 lalu pemerintah telah mengeluarkan program SCENE. Di mana melalui program ini, pemerintah menyediakan ajang masterclass pengembangan skenario film, TV dan Over The Top (OTT). 

Di tahun ketiganya ini, SCENE mengusung penyempurnaan konsep yang memungkinkan para penulis skenario untuk bisa menghasilkan produk yang lebih matang dan siap bersaing di industri, baik di dalam maupun luar negeri. 

"Saya berharap, program ini pada akhirnya dapat menghasilkan karya-karya berkualitas, yang dapat divisualkan menjadi sebuah film atau serial," katanya, kepada Alinea.id, Senin (11/4). 

img
Qonita Azzahra
Reporter
img
Kartika Runiasari
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan