Sponsor platinum gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Astra Financial & Logistic (AFL) berhasil melampaui target transaksi Rp800 miliar selama kegiatan pameran otomotif yang dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten, tersebut.
Dua pendatang baru, AstraPay dan Maucash berhasil mencapai peningkatan transaksi sebesar 100%, termasuk peningkatan penyaluran kredit sebesar 150%.
Tujuh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang tergabung dalam Astra Financial & Logistic yaitu ACC, FIFGROUP, TAF, Asuransi Astra, AstraLife, MauCash, hingga AstraPay hadir untuk mendukung jalannya acara bertaraf internasional terbesar di Asia Tenggara tersebut.
Tahun ini merupakan tahun ketiga AFL berpartisipasi menjadi peserta sekaligus sebagai sponsor utama dalam perhelatan GIIAS 2021. Sebelumnya, pada GIIAS 2019, Astra Financial & Logistic berhasil mencapai angka transaksi yang tinggi.
Tahun ini, AFL menargetkan pencapaian transaksi sebanyak Rp800 miliar hingga penutupan GIIAS 2021. “Pencapaian transaksi lebih dari Rp830 miliar tersebut tentunya tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial & Logistic. Hal tersebut juga didorong oleh beragam promo menarik telah dihadirkan untuk memudahkan pengunjung GIIAS memiliki kendaraan impian,” jelas Gunawan Salim, Project Director AFL.
Industri otomotif yang sebelumnya sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, kini perlahan menuju tren yang positif. Data Gaikindo menunjukkan, angka penjualan mobil baru periode Januari hingga September 2021 mencapai 600.344 unit pada penjualan wholesale, atau umbuh sebesar 47,4% jika dibanding periode sama pada tahun 2020, yang hanya mencapai 407.390 unit.
Pertumbuhan ini memberikan angin segar bagi sektor otomotif di Indonesia. Sejalan dengan pertumbuhan industri otomotif, Astra Financial juga membukukan pertumbuhan amount finance di Q3 2021 sebesar 20% menjadi Rp60,7 triliun. AFL percaya bahwa sektor otomotif akan terus menguat dan mendukung pertumbuhan tersebut melalui program dan layanan pembiayaan kendaraan terbaik.
Chief Executive Officer AstraPay Ricky Gunawan mengungkapkan, sepanjang GIIAS 2021, AstraPay mencatat lonjakan transaksi yang signifikan. “Selama GIIAS, transaks menggunakan AstraPay telah meningkat 100%. Kami sangat bangga dan berterima kasih pada pengunjung GIIAS yang memiliki antusiasme tinggi dalam penggunaan AstraPay,” jelas Ricky.
Tak hanya AstraPay yang mendapat antusiasme tinggi dari pengunjung GIIAS, Maucash yang merupakan fintech peer to peer lending juga mengalami peningkatan penggunaan yang cukup signifikan selama GIIAS.
“Selama GIIAS 2021, jumlah download konsumen dan registered user capai kenaikan hingga 300% dibandingkan hari normal. Dengan total penyaluran kredit di atas target dengan peningkatan lebih dari 150%,” tutur Chief Marketing Officer Maucash, Indra Suryawan.