close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
 Direktur Enterprise and Business Service Telko Edi Witjara saat menyampaikan materi edalam webinar, Senin (29/11/2021)/Foto tangkapan layar.
icon caption
Direktur Enterprise and Business Service Telko Edi Witjara saat menyampaikan materi edalam webinar, Senin (29/11/2021)/Foto tangkapan layar.
Bisnis
Senin, 29 November 2021 14:30

Inovasi Edi Witjara agar Telkom bantu UMKM naik kelas

Telkom rilis aplikasi mySooltan untuk mendorong UMKM naik kelas menjadi 'sultan'.
swipe

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara, menginginkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia mampu bersaing di era digital. Pasalnya, sebanyak 65% GDP Indonesia ditopang oleh UMKM. Untuk itu sebuah aplikasi mySooltan besutan Telkom diluncurkan.

"mySooltan muncul karena keinginan untuk bapak dan ibu UMKM untuk naik kelas (dalam arti) menjadi Sultan. mySooltan membawa UMKM untuk naik kelas, ke kelas Enterprise," papar Edi dalam rilis acara webinar peluncuran aplikasi mySooltan, Senin (29/11/2021).

Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan Telkom, pakar UMKM Subiakto Priosoedarsono dan Kris Moewarto, komunitas Masata, Lombok womenpreneur, dan Agroindo Jaya Sejahtera.

Edi menerangkan, penamaan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh jargon terkenal di masyarakat bahwa “Sultan mah bebas”. Dengan jargon tersebut, para pelaku UMKM akan ingat dengan aplikasi mySooltan sehingga dapat menjadi partner UMKM ke depannya.

Menurutnya, dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu menjawab tiga tantangan UMKM ke depan. Tantangan yang dimaksud, lanjutnya, adalah ATo3C yang meliputi tiga hal, yakni acces to competence atau menambah daya saing dengan sistem diferensial antar UMKM, acces to commerce atau package pemasaran agar terlihat menarik dan elegan untuk dipasarkan ke masyarakat.

"Dan acces to capital yaitu teratur dalam mengembangkan bisnis UMKM, untuk mengembangkan hingga level perusahan besar," bebernya.

Edi menambahkan, dengan konsep growing together, Telkom mendukung UMKM agar tumbuh dan berkembang memperluas akses pasar dan efisiensi operasi melalui transformasi digital.

"Manfaat aplikasi ini adalah sebagai digital touch point dalam membantu UMKM merapihkan pembukuan keuangan, memberikan leverage berupa modal, meringankan operasional dan membantu akses pemasaran produk ke pasar," tutupnya.

img
Asyifa Putri
Reporter
img
Fathor Rasi
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan