Digital Banking Business Product Head Bank Tabungan Pendidikan Nasional (BTPN), Waasi B. Sumintardja mengatakan selama pandemi Covid-19 telah terjadi peningkatan nominal transaksi Jenius Pay sebanyak 401%.Volume transaksi pada Oktober juga meningkat sebanyak 212% dibandingkan dengan Maret 2020.
Menurut Waasi, angka itu sejalan dengan riset Jenius Study yang menemukan sebanyak 79% masyarakat dunia digital atau digital savvy lebih sering menggunakan mobile banking selama new normal.
"Selama pandemi dan kondisi work from home, terjadi peningkatan penggunaan Jenius Pay. Jumlah nominal transaksi Jenius Pay meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak 212% pada bulan Oktober 2020 dibanding bulan Maret 2020," katanya dalam konferensi pers, Kamis (3/12).
Dia menjelaskan peningkatan transaksi Jenius Pay tidak terlepas dari kolaborasi yang dijalankan oleh penyedia layanan dompet digital tersebut. Jenius yakin kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.
"Sejalan dengan semangat kolaborasi yang Jenius usung sejak awal, kami bersama-sama dengan mitra menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy Indonesia dalam bertransaksi online melalui fitur Jenius Pay," ujarnya.
VP of Finance and Compliance Kitabisa.com Rahelyna Mairing mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah cara dunia berbisnis, termasuk cara pelanggan dalam membeli barang konsumsi dan berdonasi. Saat ini, katanya, masyarakat cenderung melakukan pembayaran secara digital untuk mengurangi kontak fisik. Transaksi itu dianggap aman dan nyaman.
“Kehadiran Jenius Pay tentu mendorong ekosistem donasi digital menjadi lebih mudah dan aman, terlebih mayoritas donatur Kitabisa adalah mereka yang juga digital savvy,” ujarnya.