PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL), mencapai kesepakatan menjalin kemitraan strategis untuk mempromosikan MotionBanking. Dalam kesepakatan tersebut, XL Axiata berkolaborasi menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.
Director and Chief Commercial Officer Consumer XL Axiata David Arcelus Oses mengatakan, XL Axiata akan mendukung promosi di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu, termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.
”Kerja sama ini strategis bagi kami, karena selaras dengan agenda transformasi digital kami. Kerja sama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata, untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerja sama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat,” kata Oses dalam keterangan resminya, Kamis (12/8).
Dia melanjutkan, kolaborasi antara MotionBanking dan XL Axiata menciptakan solusi ideal berintegrasi dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi digital saat ini. Menurutnya, ekspansi masa depan berupa simbiosis antara perbankan dan perusahaan telekomunikasi tak terelakkan, mengingat semakin maraknya penggunaan telepon seluler dan masyarakat cashless.
Peluang besar tersebut berasal dari posisi XL Axiata yang strategis untuk meningkatkan inklusi keuangan di era sekarang ini. Pasalnya, jumlah orang yang memiliki telepon seluler melebihi jumlah orang yang memiliki rekening bank. MotionBanking, sebaliknya, memberikan insentif retensi yang baik kepada pengguna XL Axiata melalui berbagai insentif saat pembukaan rekening.
CTO MNC Group Yudi Hamka menuturkan, dominasi MNC di media merupakan platform yang sempurna untuk literasi keuangan. Ditambah dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata, menciptakan sinergi untuk mengatasi masalah rendahnya inklusi keuangan di Indonesia.
“Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan," ujar Yudi.