close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Vice President Ragion XL Axiata Jabodetabek Bambang Parikesit (kedua kiri) bersama jajarannya.
icon caption
Vice President Ragion XL Axiata Jabodetabek Bambang Parikesit (kedua kiri) bersama jajarannya.
Bisnis
Jumat, 02 Februari 2018 21:23

Kontribusi layanan data XL capai 69%

Kontribusi layanan data XL Axiata terhadap pendapatan bisnis naik dari 48% di 2016 menjadi 69% di 2017.
swipe

Pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi positif bagi PT XL Axiata Tbk (EXCL). Jika pada 2016, kontribusi layanan data XL hanya 48%. Pada 2017 kontribusinya naik menjadi 69%. Hal itu berpengaruh positif terhadap pendapatan perseroan di 2017.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan pencapaian sepanjang 2017 menunjukkan transformasi bisnis yang dilakukan sejak 2015 sudah tepat. Dia mengklaim berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan. 

"Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan," ujar Dian, Jakarta, Jumat (2/2).

Sebanyak 72% dari total pelanggan atau sekitar 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan data dan pembangunan jaringan data. 

Hingga akhir 2017, jumlah pelanggan aktif yang mengkonsumsi layanan data mencapai 73%. Terus tumbuhnya jumlah pelanggan yang mengakses layanan data mampu mendorong kenaikan trafik layanan data hingga dua  kali atau mengalami peningkatan sebesar 148% year on year (YoY).

Jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota atau kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 Base Transceiver Station atau BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. Secara total, jumlah BTS XL Axiata hingga akhir 2017 tercatat sebanyak 101.094 BTS, naik 20% YoY. Sepanjang 2017, XL Axiata telah membangun lebih dari 16.000 BTS.

Hingga akhir 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp22,9 triliun, meningkat sebesar 7% YoY.Capaian itu didorong dari meningkatnya pendapatan layanan atau Service Revenue perusahaan sebesar 10%. Dari sisi jumlah pelanggan, XL Axiata mencapai 53,5 juta pelanggan, naik 15% YoY, dengan komposisi pelanggan prabayar sebanyak 52,8 juta naik 15% YoY, dan pascabayar lebih dari 700 ribu, naik 32% YoY.

Selain itu, pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi atau EBITDA dalam periode satu tahun hingga akhir 2017 mengalami peningkatan sebesar 3% YoY menjadi Rp8,3 triliun karena adanya pertumbuhan pendapatan.

img
Cantika Adinda Putri Noveria
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Berita Terkait

Bagikan :
×
cari
bagikan