PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengantisipasi libur panjang lebaran dengan menyiapkan uang bagi nasabah senilai Rp62 triliun.
Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Osbal Saragi mengatakan, perseroan berkomitmen untuk hadir dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta layanan publik yang tetap membutuhkan layanan perbankan pada tanggal-tanggal pelaksanaan libur dan cuti bersama lebaran 2018 yang berlangsung dari 9 Juni 2018 hingga 21 Juni 2018.
Osbal menjelaskan, Bank BRI juga telah menyiapkan uang tunai senilai Rp62 triliun guna mengantisipasi meningkatnya kebutuhan akan uang tunai pada momen ramadan dan lebaran tahun ini.
“Jumlah ini meningkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu, di antaranya karena periode libur yang lebih panjang serta peningkatan uang THR untuk PNS yang mencapai 68,92%,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (31/5).
Dari total Rp62 triliun yang disiapkan oleh Bank BRI, sebanyak Rp38 triliun di antaranya dialokasikan untuk mesin ATM, dan sisanya disebar di kantor cabang BRI.
Tidak hanya menyediakan uang tunai, Bank BRI juga tetap melaksanakan operasional layanan perbankan pada tanggal 18 Juni hingga 20 Juni di 229 unit kerja serta menggelar weekend banking pada tanggal 9 dan 10 Juni di 221 unit kerja.
“Kami juga memastikan bahwa layanan kepada nasabah inti kerja sama seperti setoran penerimaan BBM dan Non BBM Pertamina, Penebusan SPP Bulog, pembayaran PNBP POLRI, pembayaran tagihan rumah sakit, penerimaan Imigrasi Visa on Arrival serta layanan lainnya tetap berjalan pada periode lebaran tahun ini,” urai Osbal.
Osbal menambahkan, pihaknya memastikan perangkat e-channel BRI seperti mesin ATM, EDC dan CRM dalam kondisi baik untuk digunakan oleh nasabah dengan menggandeng vendor pihak ketiga.
“Nasabah juga terus kami imbau untuk bertransaksi pada layanan perbankan 24 jam Bank BRI seperti di antaranya BRI mobile, internet banking BRI, SMS banking BRI yang dapat dimanfaatkan nasabah bertransaksi seperti informasi saldo membeli tiket mudik dan balik, beli pulsa, memberi uang saku lebaran, belanja online serta membayar tagihan," kata dia.
Selain memberikan layanan perbankan, Bank BRI juga memudahkan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik lebaran, dengan mengadakan posko mudik lebaran di 32 titik lokasi di Pulau Jawa dan Sumatera.
Posko ini akan ada dari H-7 lebaran lebaran. Pada posko tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan e-channel BRI (ATM, CRM dan CDM), layanan kesehatan ringan (cek tensi darah dan P3K), informasi produk BRI serta hiburan.
“Melalui upaya upaya tersebut di atas, Bank BRI ingin hadir untuk memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat selama momen lebaran, sehingga masyarakat merasa dimudahkan dengan kehadiran Bank BRI,” ujar Osbal.
Sama dengan tahun tahun sebelumnya, Bank BRI pada ramadan tahun ini melalui program BRI Peduli berbagi kebahagiaan. Bulan ini Bank BRI membagikan 64.000 paket sembako gratis kepada masyarakat prasejahtera yang tersebar di seluruh Indonesia.
BRI juga mengadakan buka bersama 3.500 anak yatim piatu di JCC pada 8 Juni 2018 mendatang. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Himpunan Bank Bank Milik Negara (HIMBARA).
Selain itu, Bank BRI juga mengadakan buka bersama di seluruh Kantor Wilayah BRI dengan total anak yatim piatu yang ikut sebanyak 4.750 anak. Untuk kegiatan mudik bersama BRI, BRI memulangkan nasabahnya yang tersebar di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa menggunakan 4 moda transportasi, yakni dengan menggunakan kereta api, pesawat, kapal laut dan bus. Kurang lebih 12.200 orang berpartisipasi dalam acara ini.