close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Direktur pemasaran Manchester United Matt McKie. Foto: AN
icon caption
Direktur pemasaran Manchester United Matt McKie. Foto: AN
Bisnis
Selasa, 05 November 2024 19:59

Direktur Pemasaran MU: Memahami penggemar adalah kunci membangun merek

“Menurut saya, memanusiakan atlet adalah taktik pemasaran yang penting (dan) saya pikir itu taktik manusiawi yang penting,” katanya.
swipe

Direktur pemasaran Manchester United Matt McKie membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam pemasaran olahraga kepada hadirin di Festival Kreativitas Athar di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (5/11). 

Selama pidato utamanya, “Hubungan Budaya, Ikatan yang Tak Terputuskan, dan Kekuatan Cerita: Pelajaran yang Dipetik dari Karier di Pemasaran Olahraga,” Matt McKie berbicara tentang pengalamannya bekerja di berbagai peran penting untuk Olimpiade, Nike, dan EA Sports. Dan satu pesan kunci yang ia sampaikan dalam kesempatan itu, adalah bagaimana pentingnya  pemahaman mengenai penggemar dalam pemasaran.

"Memahami basis penggemar Anda adalah elemen kunci untuk memasarkan merek olahraga Anda dengan sukses," ujar McKie.

Apakah Anda penggemar sepak bola atau bukan, tidak dapat disangkal bahwa Manchester United adalah salah satu klub paling terkenal di dunia. Namun, bagaimana klub tersebut memperoleh reputasinya?

"Seperti banyak tim populer lainnya, ini tentang menghubungkan dengan audiens Anda dan Manchester United memiliki cara unik untuk “mengubah pengikut menjadi penggemar,” kata McKie kepada Arab News.

“Saya akan mengatakan kunci mutlak untuk menemukan audiens dan berkembang adalah benar-benar memahami penggemar Anda dan, di Inggris dan di Eropa, klub sepak bola lebih besar dari sekadar aset olahraga, lebih dari sekadar aset komunitas, mereka lebih berarti,” katanya. “Akan ada beberapa generasi keluarga yang menonton tim dan mendukung mereka, jadi menghormati dan menghargai itu adalah hal yang sangat penting.”

Taktik pemasaran yang penting bagi McKie adalah meneliti pendidikan dan latar belakang atlet sebelum mereka menjadi bintang. Ini adalah cara untuk memanusiakan mereka dan membuat kampanye dengan sentuhan pribadi.

“Menurut saya, memanusiakan atlet adalah taktik pemasaran yang penting (dan) saya pikir itu taktik manusiawi yang penting,” katanya. 

“Mereka adalah individu yang menjadi sorotan publik, ada jutaan dan jutaan orang yang menonton mereka, mengharapkan sesuatu dari mereka. Mereka memiliki masalah yang sama dengan kita... jadi sangat penting bagi kita untuk memahami hal itu.”

McKie menyoroti identitas merek yang unik untuk klub sepak bola yang sedang berkembang, seperti FC Como dan Venezia, di Italia, dan Forest Green Rovers di Inggris. Venezia dikenal karena kecintaannya pada mode sementara yang terakhir telah mengklaim gelar sebagai klub sepak bola vegan pertama.

“Ini benar-benar tentang membangun profil dan memahami siapa audiensnya dan kemudian Anda dapat menyajikan kepada mereka hal-hal yang akan mendorong mereka untuk menjadi penggemar, dan penggemar yang berkomitmen, yang datang ke pertandingan, dll."

“Ini sangat penting dalam olahraga wanita karena proporsi penggemar yang sangat tinggi yang ada di sana. Penting bagi pemasar untuk benar-benar mendekatkan mereka, memahami mereka, memberi mereka konten yang akan menarik minat mereka, dan tidak sekadar menyampaikan ide-ide sepak bola pria dan berharap ide itu berhasil,” katanya.(arabnews)

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan