Nasabah Bank DKI kini bisa melakukan pembayaran nontunai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Fasilitas ini terwujud seiring adanya sinergi kedua pihak, yang seremoni penandatangan kerja samanya berlangsung pada Selasa (26/9).
Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen Bank DKI memperluas penerapan digitalisasi di Jakarta. Sebelumnya, badan usaha milik daerah (BUMD) itu bermitra dengan RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu, dan RSU Adhyaksa.
Bank DKI terus melanjutkan komitmen dalam memperluas penerapan digitalisasi di DKI Jakarta. Yang terbaru, Bank DKI hadirkan kemudahan pembayaran Rumah Sakit secara nontunai bagi pasien dengan menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Lama sebagai mitra kolaborasi.
Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyatakan, inisiatif ini merupakan bukti konkret komitmen Bank DKI memperluas layanan digitalisasi. Tujuannya, masyarakat mendapatkan nilai tambah serta mendukung transformasi digital, termasuk di bidang kesehatan.
Ia melanjutkan, dukungan Bank DKI dalam digitalisasi ini mencakup super apps JakOne Mobile, EDC, dan ATM. Dengan begitu, mempermudah pembayaran tagihan pengobatan maupun transaksi lainnya di lingkungan RSUD Kebayoran Lama.
"Bagi pasien rumah sakit yang telah mengunduh aplikasi JakOne Mobile, mereka dapat dengan mudah melakukan scan pada QRIS yang tersedia di loket pembayaran," kata Amirul dalam keterangannya, Rabu (27/9).
Bagi pengelola RSUD Kebayoran Lama, Bank DKI menyediakan layanan virtual account pasien sehingga tagihan dapat dibayar melalui JakOne Mobile, ATM, maupun EDC Bank DKI. Pun tersedia layanan cash management system (CMS) untuk memantau transaksi keuangan secara waktu nyata dan daring sehingga pengelolaan arus dana dapat dilakukan secara cepat, efisien, dan akurat.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, meyakini digitalisasi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan serta efisiensi operasional RSUD Kebayoran Lama. Karenanya, inisiasi ini dilakukan Bank DKI selain untuk memperluas kemudahan layanan perbankan serta mendorong akselerasi inklusi keuangan melalui ekosistem pembayaran digital yang andal.