close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Alinea.id/Bagus Priyo.
icon caption
Ilustrasi. Alinea.id/Bagus Priyo.
Bisnis
Kamis, 06 Mei 2021 14:44

Pandemi buat masyarakat aktif cari produk asuransi 

Tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan di internet merupakan yang paling stabil selama pandemi.
swipe

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berjalan selama 15 bulan, telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Berdasarkan hasil riset Lifepal.co.id, kunjungan ke situs-situs broker asuransi di kuartal I-2021 menunjukkan perubahan, ada yang naik, stabil ataupun turun.

Perencana Keuangan dan Financial Educator Lifepal Aulia Akbar menuturkan, pada Januari 2021, total traffic dari empat situs broker asuransi online mencapai 3,3 juta. Namun, terjadi penurunan trafik sebesar 14,8% di Februari 2021, dari 3,3 juta ke 2,8 juta.

Selanjutnya pada Maret 2021, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan, yaitu sebesar 13,7% dari Februari 2021. Menurut Aulia, kenaikan trafik tersebut belum bisa menyamai tingginya rekor trafik di Januari.

"Tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan merupakan yang paling stabil. Menariknya, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terlihat saling menyalip satu sama lain," kata Aulia dalam siaran persnya, Kamis (6/5).

Dia melanjutkan, terjadi kenaikan jumlah pencarian yang cukup tinggi pada pekan kedua April 2021 terhadap kata kunci asuransi kesehatan. Namun, terjadi pula penurunan di pekan ketiga April.

Tren pencarian kata kunci asuransi mobil mengalami penurunan di awal 2021, tetapi, penurunan itu tidak setinggi asuransi jiwa

"Sama seperti di tahun sebelumnya, Unit Link tetap menjadi asuransi dengan jumlah pencarian terkecil. Akan tetapi, grafik tren pencarian unit link justru terlihat mengalami kenaikan sejak awal 2021," ujarnya.

Dia menjelaskan, data yang dikumpulkan pihanya ini hanya menunjukkan tingginya pencarian dengan menggunakan kata kunci. Data ini tidak menjamin tingginya permintaan atau pembelian asuransi tersebut. 

"Meski tren pencarian Unit Link naik, volume pencariannya masih jauh di bawah pencarian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa," tuturnya.

Sebab, banyak kanal distribusi produk asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membeli asuransi, sebut saja melalui agen-agen asuransi yang aktif menawarkan produknya kepada calon nasabah, perbankan, dan lainnya.

img
Annisa Saumi
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan