close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi elektronik yang laku selama semester I-2022 di Tokopedia.
icon caption
Ilustrasi elektronik yang laku selama semester I-2022 di Tokopedia.
Bisnis
Sabtu, 30 Juli 2022 08:39

Pembelian barang elektronik meningkat di Tokopedia

Tokopedia membuat 3 kampanye yang memengaruhi tren pembelian elektronik oleh masyarakat.
swipe

Tokopedia mencatatkan tren produk elektronik terlaris dalam penjualan selama semester I-2022. Produk elektronik tersebut antara lain lampu, aksesoris komputer dan laptop, dan audio yang seluruhnya menjadi beberapa sub kategori dalam kategori elektronik paling dicari masyarakat Indonesia lewat Tokopedia.

Dari sub kategori tersebut, sejumlah produk yang paling laris manis selama semester I-2022 di Tokopedia adalah earphone, speaker, kabel, dan konektor audio, bohlam, senter, lampu hias, tetikus atau mouse, adaptor laptop, dan meja laptop.

Beberapa produk elektronik lainnya yang alami peningkatan transaksi paling tinggi selama semester I-2022 dibanding periode sama di tahun lalu dan berhasil dicatatkan Tokopedia, di antaranya penguat sinyal TV, frame digital, alat pembersih kamera, kartu memori, dan kabel front panel. Bahkan, di antara produk-produk tersebut, ada yang peningkatan transaksinya hampir mencapai 13 kali lipat.

Tren di atas turut didorong oleh sejumlah kampanye berpendekatan Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia, seperti Tokopedia Tekno dengan menghadirkan berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah. Lalu ada juga Super Gadget Day, yaitu ketika masyarakat bisa mendapatkan berbagai piliham gadget menarik. Terakhir, Mega Electrodeals yang menyediakan deretan produk elektronik pilihan.

"Tokopedia terdiri dari sekitar 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM lokal, termasuk yang menjual produk elektronik. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, kami terus berupaya memberikan panggung seluas-luasnya pada para penjual dengan mendekatkan mereka ke pembeli setempat melalui inisiatif Hyperlocal, yang mengedepankan teknologi geo-tagging," tutur Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Jumat (29/7).

Kampanye tersebut, kata dia, memberikan kontribusi pada kebiasaan belanja online masyarakat Indonesia terhadap produk elektronik sepanjang semester I-2022 dibanding periode yang sama di tahun 2021. 

Penemuan yang berhasil dihimpun Tokopedia yaitu, terdapat wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi seperti Kabupaten Kulon Takalar, Biak Numfor, dan Humbang Hasundutan. Kemudian, ada wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli tertinggi meliputi Kabupaten Jeneponto, Asmat, dan Takalar. Berikutnya juga ditemukan peningkatan jumlah penjual paling tinggi yang terdiri dari Kabupaten Kulon Progo, Madiun, dan Brebes.

Salah satu turunan lain dari inisiatif Hyperlocal adalah layanan pemenuhan pesanan, gudang pintar Dilayani Tokopedia yang kini sudah ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, dan akan terus bertambah ke depannya.

"Kategori elektronik, komputer, dan laptop, serta handphone dan tablet menjadi beberapa kategori dengan transaksi tertinggi selama semester I-2022 lewat Dilayani Tokopedia," tuturnya.

img
Erlinda Puspita Wardani
Reporter
img
Ayu mumpuni
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan