Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi 4.211 dari target 5.000 pasar rakyat sepanjang 2015-2019.
Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi 4.211 dari target 5.000 pasar rakyat sepanjang 2015-2019.
Mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti mengusulkan revitalisasi pasar rakyat segera diberlakukan demi memulihkan kekuatan pasar dalam negeri terutama untuk sektor pangan. Hal itu dilakukan lantaran minimnya pendataan terhadap arus barang dan harga tersebut.
"Sulit membuat kebijakan pasar dalam negeri yang komprehensif terutama di sektor bahan pokok karena tidak ada datanya. Datanya bukan data produksi, tapi data perdagangan," ujar Bayu di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (11/3).
Bayu menjelaskan jika 5.200 pasar rakyat yang ada direvitalisasi, maka pemerintah dapat dengan mudah memonitor arus barang dan harga serta mempermudah identifikasi pergerakan pasar. Sehingga kebijakan sektor pangan yang berkelanjutan (sustainable) dapat diterapkan.
"Kalau pasar rakyat direvitalisasi dengan mekanisme yang tidak hanya memantau harga tapi juga barang, maka pemerintah akan lebih mandiri, sudah punya data riil jadi bisa pantau pasar dengan mudah," katanya.
Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengaku telah mengupayakan penyempurnaan data perdagangan di pasar.
"Jadi, memang data masih menjadi persoalan besar, tapi harus bisa kita dapatkan," ujar Mendag Enggar.
Kementerian Perdagangan memang tengah melanjutkan program revitalisasi pasar rakyat. Adapun target revitalisasi pasar yang hendak dicapai oleh Kemendag selama periode 2015-2019 yaitu sebanyak 5.000 pasar rakyat.
Mengutip data Kemendag, revitalisasi pasar rakyat yang telah diterapkan sejauh ini ialah mencapai 4.211 unit yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus dan tugas pembantuan. Tahun ini, direncanakan pembangunan pasar rakyat sebanyak 1.037 unit.
Adapun revitalisasi pasar rakyat yang dimaksud ialah tidak hanya sekedar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasi dengan sektor-sektor lain.