Produk perawatan dan kecantikan laris manis di platform e-commerce. Kategori ini berkontribusi besar terhadap peningkatan nilai penjualan di marketplace sepanjang periode Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2023 atau yang lebih dikenal dengan double date (12.12).
Data Dashboard Compas.co.id menunjukkan kategori perawatan dan kecantikan mencatat penjualan Rp137 miliar dengan 4,2 juta transaksi. Adapun brand yang paling diminati konsumen adalah La Mei La yang mencatatkan 96.540 transaksi atau meningkat 32%. Diikuti oleh dua brand lokal, yakni Wardah dengan 71.562 transaksi atau meningkat 32%, dan Hanasui dengan 68.484 transaksi atau meningkat 29%.
Pada periode tersebut, seluruh tempat jual-beli online mengalami peningkatan baik nilai penjualan maupun jumlah transaksi. Industri fast moving consumer goods (FMCG) di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86% dari rata-rata nilai penjualan di hari lainnya yang hanya mencapai Rp149 miliar.
Dari data yang sama, Tokopedia mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 214% atau naik Rp47 miliar, ke angka Rp69 miliar. Peningkatan persentase penjualan itu terbesar setelah Blibli yang meningkat 316% atau Rp6,2 miliar ke angka Rp8,2 miliar, Lazada meningkat 154% atau Rp18,4 miliar ke angka Rp30,5 miliar, dan Shopee meningkat 50% atau Rp57 miliar, ke angka Rp171 miliar.
“Kami memonitoring data penjualan e-commerce secara real-time melalui metode crawling, merekam periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas di tahun 2023 dengan 86%. Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada bulan November 2023 dengan 64%,” ujar CEO Compas.co.id, Hanindia Narendrata, Rabu (27/12).
Kategori lain yang juga mencatat penjualan tinggi adalah makanan dan minuman mencapai Rp60,5 miliar dari 2,4 juta transaksi. ABC menjadi brand yang paling laris mencapai 59.279 transaksi atau meningkat 516%, kemudian Indomie mencapai 30.856 transaksi atau meningkat 110%, dan Aoka dengan 27.023 transaksi atau meningkat 652%.
Lalu, kesehatan mencapai Rp38 miliar dari 1 juta transaksi. Pada kategori ini, pasta gigi menjadi incaran para konsumen dengan brand paling banyak dibeli yaitu Pepsodent mencapai 19.646 transaksi atau meningkat 89%. Disusul oleh Ciptadent dengan 14.760 transaksi atau meningkat 81%, dan Onemed mencapai 13.239 transaksi atau meningkat 83%.
Kategori lain yaitu ibu dan bayi dengan Rp29 miliar dari 575.000 transaksi. Brand My Baby menjadi pilihan konsumen tercatat 22.176 transaksi atau meningkat 17%, diikuti oleh SGM sebanyak 16.344 transaksi atau meningkat 208%, dan Zwitsal yang mencapai 12.653 transaksi atau meningkat 49%.
Merek lokal makin diminati
Sementara itu di Tokopedia, produk kecantikan dan perawatan tubuh juga menjadi yang paling banyak diserbu konsumen di kampanye Beli Lokal, pada Harbolnas 12.12. Kategori lain yakni fesyen, makanan dan minuman, serta rumah tangga. Sedangkan di TikTok, didominasi oleh kategori kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fashion muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.
"Sejumlah brand lokal pada kategori kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ujar Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Dia melanjutkan, brand lokal fesyen di Tokopedia juga mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat pada periode yang sama.