Pub, bar, supermarket, dan restoran berada di jalur yang tepat untuk menikmati lonjakan pengunjung dan penjualan menjelang final Euro 2024 yang menampilkan Inggris dan Spanyol pada hari Minggu.
Warga Inggris diperkirakan akan menikmati bir, anggur, makanan ringan, makanan barbekyu, pizza, memorabilia Inggris, dan TV layar lebar menjelang pertandingan, yang bertepatan dengan akhir pekan terakhir kejuaraan tenis Wimbledon.
Sainsbury's memperkirakan penjualan bir di akhir pekan akan meningkat sebesar 200 persen dibandingkan tahun lalu, dengan penjualan anggur bersoda dan kaleng koktail siap minum yang keduanya sudah meningkat sebesar 30 persen.
Asda telah menjual lebih dari 20,000 TV layar besar ultra-definisi tinggi selama Euro 2024, dengan lebih banyak penjualan diharapkan menjelang hari Minggu.
Seorang juru bicara JD Sports mengatakan penjualan merchandise Inggris melonjak enam kali lipat untuk semifinal, setelah meningkat hampir 300 persen sekitar kemenangan perempat final Sabtu lalu melalui adu penalti melawan Swiss.
Menurut Adobe, belanja suporter Inggris untuk merchandise Euro 2024 melonjak sebanyak 1.500 persen di atas level normal sehari setelah semifinal.
Pub dan bar akan mendapat peningkatan penjualan sebesar £120 juta dari final, kata badan perdagangan UK Hospitality.
Tesco menutup lebih dari 1.800 toko Express di seluruh Inggris pada Minggu pagi agar staf dapat pulang atau ke pub tepat pada waktunya untuk pembukaan.
"Berdasarkan pembelajaran kami dari Inggris yang mencapai final terakhir kali (pada tahun 2021), dan juga dari peningkatan permintaan melalui turnamen ini, kami memiliki rencana pasokan yang telah dipersiapkan dengan baik untuk dibuat tentu saja semua toko kami memiliki persediaan untuk permintaan tambahan," ujar Jason Binks, manajer pemesanan toko di Tesco.
Young & Co Brewery mengatakan pub-pubnya 'hampir' penuh dipesan, namun masih ada opsi untuk datang langsung, sementara perusahaan bir Fullers yang berbasis di London mengalami lonjakan pemesanan di muka.
Juru bicara Domino's Pizza Group mengatakan bahwa kelompok tersebut sedang menimbun pizza keju, tomat, dan pepperoni, dan akan menawarkan diskon 50 persen untuk pesanan web dan aplikasi mulai Jumat hingga Minggu.
Namun, jika tidak berbelanja di supermarket, pub, dan bar, belanja konsumen dapat tertekan karena masyarakat akan lebih banyak berdiam diri di rumah menjelang pertandingan dibandingkan mengunjungi jalan raya, pusat perbelanjaan, dan taman ritel.
Acara olahraga ini akan memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi sektor perhotelan dan ritel setelah cuaca basah menyebabkan awal perdagangan musim panas menjadi lamban.
Survei yang diterbitkan pada hari Selasa menunjukkan belanja konsumen mengalami kontraksi pada bulan Juni, dengan cuaca basah memukul penjualan barang-barang musiman utama.
Namun, prospek konsumen membaik, dengan inflasi Inggris yang lebih rendah, peningkatan standar hidup riil dan janji akan adanya periode stabilitas politik dengan pemerintahan Partai Buruh yang baru.(thisismoney)