Tokopedia, sebagai bagian dari ekosistem Grup GoTo, menghadirkan keuntungan yang lebih banyak
pada layanan dan paket berlangganan PLUS. Fitur ini akan membuat belanja online makin hemat, termasuk saat promo 11.11. Salah satu keuntungan yang kini bisa dirasakan oleh pengguna PLUS adalah
bebas biaya jasa aplikasi yang berlaku untuk pembelian produk berlogo ‘PLUS’ lewat Tokopedia.
Head of Communications Tokopedia (GoTo E-commerce) Aditia Grasio Nelwan mengungkapkan tantangan logistik terutama berkaitan dengan biaya pengiriman, diharapkan dapat dijawab lewat pemanfaatan teknologi. "Hal ini melatarbelakangi kehadiran layanan dan paket berlangganan PLUS pada pertengahan 2022 lalu, sebagai salah satu sinergi strategis antar ekosistem di dalam Grup GoTo dan mitra strategis serta upaya dalam memberi nilai tambah bagi pengalaman belanja online masyarakat," katanya.
Menurutnya, kehadiran PLUS pun disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat. Terbukti dari data Tokopedia
yang mencatat bahwa pada September 2023, jumlah pengguna aktif PLUS meningkat hampir 6 kali
lipat dibandingkan sebulan setelah PLUS diluncurkan pada pertengahan 2022 lalu.
Berkat kolaborasi Tokopedia bersama para mitra strategis, baik penjual, pembeli dan berbagai pihak
lainnya, selama semester-I 2023 kategori Rumah Tangga, Otomotif, Fesyen, Elektronik serta Hobi dan
Gaya Hidup menjadi beberapa kategori produk yang paling diminati masyarakat saat belanja online
lewat Tokopedia.
Deretan temuan menarik ini mendorong Tokopedia untuk menghadirkan lebih banyak keuntungan pada
PLUS agar masyarakat bisa belanja online dengan makin hemat, termasuk saat promo 11.11. "Kini pengguna bisa memanfaatkan PLUS untuk menikmati berbagai produk berlogo ‘PLUS’ dengan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah bebas ongkir tanpa batas dan tanpa minimal transaksi, dengan ongkir mulai dari Rp8.000 untuk pengiriman same-day. Bahkan kini masyarakat juga bisa pakai PLUS untuk mendapatkan keuntungan bebas ongkir untuk setiap GoFood dari mitra restoran berlogo ‘GoFood PLUS’,” kata Aditia.
Pengguna PLUS juga bisa menikmati bebas biaya jasa aplikasi yang berlaku untuk pembelian produk berlogo ‘PLUS’ sehingga belanja online kebutuhan harian di Tokopedia makin hemat. "Apalagi saat menyambut promo 11.11 mendatang,” ungkap Aditia.
PLUS juga menghadirkan sederet keuntungan lain bagi pengguna PLUS, termasuk layanan pelanggan prioritas Tokopedia Care, promo eksklusif dan potongan harga melalui kolaborasi dengan para mitra strategis terhubung dengan grup GoTo yang akan terus bertambah ke depannya.
“Cara mendaftar PLUS sangat mudah, pengguna yang memenuhi kriteria dapat mendaftar melalui halaman utama Tokopedia atau saat melakukan checkout. Masyarakat pun dapat menikmati layanan PLUS dengan biaya langganan yang makin hemat sampai 13 November 2023. Misalnya, untuk paket langganan PLUS 1 bulan, ada diskon 50% menjadi Rp25.000. Untuk paket langganan 3 bulan, ada diskon 70% menjadi Rp45.000, atau Rp15.000 per bulan. Sedangkan untuk paket langganan 6 bulan, ada diskon 80% menjadi Rp60.000, atau Rp10.000 per bulan,” tambah Aditia.
Saat ini PLUS bisa digunakan oleh masyarakat di pulau Jawa dan akan terus bertambah di wilayah lainnya. Sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers); kehadiran serta keuntungan PLUS ke depannya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia agar bisa merasakan kemudahan dalam bertransaksi online.