close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Saran OJK untuk milenial dan gen Z dalam memilih produk jasa keuangan. Dokumentasi OJK
icon caption
Saran OJK untuk milenial dan gen Z dalam memilih produk jasa keuangan. Dokumentasi OJK
Bisnis
Kamis, 07 September 2023 12:36

Saran OJK untuk milenial dan gen Z dalam memilih produk jasa keuangan

Milenial dan generasi (gen) Z tidak boleh serampangan dalam mengelola keuangan, termasuk saat memilih produk atau layanan jasa keuangan.
swipe

Milenial dan generasi (gen) Z tidak boleh serampangan dalam mengelola keuangan, termasuk saat memilih produk atau layanan jasa keuangan. Beberapa hal mesti diperhatikan.

Yang utama, menurut Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Aman Santosa, bijak. Kedua, teliti sebelum membeli.

"Kita sebelum transaksi, pahami betul-betul itu merupakan kebutuhan yang kita butuhkan," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (7/9).

Selain itu, mengenali produk; memahami fitur, manfaat, dan risiko, serta mengetahui hak dan kewajiban sebagai konsumen. "Termasuk mekanisme perlindungan konsumennya," imbuhnya

Legalitas lembaga jasa keuangannya pun perlu diperhatikan, apakah diawasi OJK atau tidak. Selain itu, apakah produk maupun layanannya legal atau ilegal.

Aman menyampaikan, produk keuangan yang terdaftar di OJK tentu diawasi dan mengikuti aturan main yang wajib dipatuhi. Dengan begitu, konsumen relatif lebih aman.

Di sisi lain, ia meminta milenial dan gen Z tak terjerumus lingkaran pinjaman online (pinjol) ilegal. Pun bijak dalam memanfaatkan layanan paylater lantaran bisa menjadi bumerang dan berdampak pada finansial jika berlebihan menggunakannya.

"Kita tidak sengaja klik ini-klik itu, tapi, kan, akhir bulan utangnya harus dibayar. Kalau tidak bisa dibayar, bagaimana?" tanya Aman.

img
Fatah Hidayat Sidiq
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan