close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Gedung Sarinah, di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Foto Antara/Aji Cakti
icon caption
Gedung Sarinah, di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Foto Antara/Aji Cakti
Bisnis
Senin, 09 November 2020 13:48

Sarinah kerja sama dengan Dufry AG dan Omega Grup Mexico

Kementerian BUMN menargetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini.
swipe

PT Sarinah (Persero) bersama Dufry, perusahaan terkemuka di bidang travel retail dengan lebih dari 2.400 gerai di 400 lokasi di dunia, serta grup industrialis Omega Mexico, pada hari ini menandatangani nota kesepahaman atau MOU di KBRI Mexico City.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dengan penandatanganan MOU ini dirinya berharap Sarinah dapat menitik-beratkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan Nusantara yang premium, berkualitas dunia, serta yang sesuai dengan minat dan selera pasar kategori produk-produk duty-free dunia.

"Sarinah yang akan masuk ke liga pasar retail dan duty-free internasional juga perlu meningkatkan kapasitas, baik kelembagaan maupun SDM, melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen retail dunia dari Dufry," kata Erick dalam keterangan resminya dari Jakarta, Senin (9/11).

Untuk tahap pertama, Kementerian BUMN menargetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini. Nantinya, peluang produk lokal dan UMKM untuk go global diharapkan semakin terbuka lagi.

Untuk diketahui, prakarsa ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah bertransformasi dan berekspansi ke pasar global. Hal ini selaras dengan visi pemerintah melalui kementerian BUMN, agar para BUMN tidak saja mengekspor produk dalam negeri tetapi juga bertransformasi.

Dengan menggandeng mitra strategis seperti Dufry dan Omega grup, Kementerian BUMN optimistis gerbang pasar riil dunia, khususnya di sektor ritel dan travel maupun leisure, bisa memberi peluang kepada produk UMKM masuk ke liga utama pemain dan pebisnis dunia.

Untuk diketahui, MOU ini secara garis besar merumuskan beberapa peluang bisnis yang saling menguntungkan bagi perusahaan. Yang paling strategis, Sarinah sebagai satu-satunya BUMN retail dalam klaster pariwisata dan pendukung, merintis pasar internasional dalam kerangka perdagangan multilateral.

Adapun beberapa manfaat lain yang tertuang dalam nota kesepahaman ini adalah tersedianya Indonesian Corner dan House of Indonesia, di berbagai gerai dan pusat perbelanjaan yang merupakan jejaring Dufry di dunia.

img
Annisa Saumi
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan