Pesta belanja online dengan diskon besar-besaran Shopfest digelar mulai 5 September hingga Desember 2018.
Festival belanja dalam jaringan alias online periode akhir tahun kembali digelar di Indonesia. Pesta belanja online ini akan diikuti oleh pelaku e-commerce di Indonesia.
Acara ini akan dikemas oleh Shopback Indonesia, platform gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk belanja online dengan cara yang hemat dan cermat melalui kegiatan ShopFast 2018.
ShopFest 2018 akan diikuti lebih dari 200 mitra, termasuk lima e-commerce terbesar di Indonesia, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak.
Co-Founder and Country Head Shopback Indra Yonathan menjelaskan, berdasarkan data Google, pencarian mengenai festival belanja online meningkat hingga 4,5 kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Dengan demikian, ia optimistis transaksi pada festival belanja online tahun ini bisa mencapai Rp1,5 triliun di tujuh negara, meliputi Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, Australia, dan Indonesia.
"Tahun ini, diprediksi rata-rata belanja masyarakat di kuartal IV akan meningkat 15%-20% dibandingkan tahun 2017," kata Yonathan di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (3/9).
ShopFest 2018 merupakan kali kedua Shopback menyelenggarakan festival belanja online. Festival ini akan diselenggarakan satu hari dalam setiap bulannya, yaitu pada tanggal 9 September, 10 Oktober, 11 November, dan 12 Desember.
Tahun lalu, ShopFest bisa meraih transaksi lebih dari Rp600 miliar, dengan rata-rata belanja per orang kurang lebih Rp497.735. Rata-rata belanja ini mengalami peningkatan sebesar 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
"Kuartal keempat saatnya para pelaku e-commerce untuk saling berkompetisi," ungkapnya.
Yonathan mengatakan, para pembeli di e-commerce kaum pria cenderung lebih banyak. Begitupun transakasi dari sisi order yang dilakukan di Indonesia kontribusinya cukup besar.
Sementara menurut data Shopback, para pembeli cenderung belanja pada hari Senin sampai Jumat dan tertinggi di hari Selasa. Dari empat e-commerce (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada) antusiasme masyarakat bertransaksi pada pukul 11.00 dan 20.00 WIB.
Yonathan menyebutkan, Shopback revenue stream-nya berbeda, setiap ada transaksi pihaknya mendapatkan margin atau profit. Shopback membantu e-commerce untuk mendapatakan transaksi dan pihaknya mendapatkan komisi dari e-commerce nantinya di bagikan lagi ke customers.