Selama 13 tahun berdiri, perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia terus mendorong pegiat usaha lokal untuk bertumbuh. Tak terkecuali di bidang fesyen dan kecantikan untuk memulai dan membangun bisnis hingga meraja di negeri sendiri. Setelah sukses di tanah air, Tokopedia pun memboyong beberapa brand berlaga di ajang fesyen kelas dunia.
“Tokopedia telah mengawal berbagai merek lokal fesyen dan kecantikan, yaitu Heaven Lights, Wearing Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty, untuk menampilkan produk di berbagai ajang dunia,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz di Jakarta, Senin (17/10).
Kiky, demikian ia akrab disapa, menceritakan pada September 2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan New York Fashion Week (NYFW), sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW). Adapun Jewel Rocks dan BLP Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW) trade show di awal Oktober 2022.
Head of PR and Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender mengatakan banyak peran dari pihak lain yang membantu Heaven Lights go international, salah satunya Tokopedia dan KBRI New York.
"Heaven Lights bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah global, melalui NYFW, khususnya lewat produk yang kami usung yaitu fesyen muslim dan modest wear. Koleksi yang kami pamerkan di ajang fesyen dunia tersebut mengambil inspirasi dari Papua,” bebernya pada kesempatan yang sama.
Sementara itu, Founder and CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, menyampaikan dengan dukungan Tokopedia, BLP Beauty berhasil memperkenalkan produk kecantikan lokal di panggung dunia lewat PFW. "Di perhelatan bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara. Kalau Korea bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi besar untuk mendunia,” tegasnya.
Selain itu, pemilik Jewel Rocks Imelda Widjaja, menambahkan ini kali kedua Tokopedia mendukung pegiat usaha asal Bali ini untuk menampilkan keunikan aksesoris Indonesia di PFW.
"Bisnis yang kami mulai dan bangun di Bali bermodal awal Rp500 ribu, sampai punya 10 karyawan–akhirnya bisa bersanding dengan brand kelas dunia lewat PFW. Semoga perjuangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi brand lokal lain,” ungkap dia.
Tokopedia di sisi lain mempermudah masyarakat menemukan dan memakai berbagai produk lokal fesyen dan kecantikan demi mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Misalnya melalui widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisi produk dari pegiat usaha lokal untuk mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal. “Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut, juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia,” jelas Kiky.
Tak ketinggalan, ia menyebutkan ada berbagai kampanye di Tokopedia yang menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lainnya yang juga bergerak di bidang fesyen maupun kecantikan, seperti Parade Lokal, Women in Style, Modest on Trend, Tokopedia Beauty Dealight, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.
Beragam inisiatif tersebut mendorong kategori Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia selama kuartal-III 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021. Tercatat, tren belanja online masyarakat akan produk fesyen selama kuartal-III 2022 yang paling populer adalah tas selempang wanita, hijab segi empat, cincin dan gelang wanita, blus wanita, dan sandal wanita.
Sementara itu, produk kecantikan paling populer adalah lip palette, cushion, lip liner, serum bulu mata dan alis, lip tint dan lip stain.