Dalam rangka hari Perempuan Sedunia, Tokopedia melakukan inovasi dengan merilis program Beautiful Delight, yang bertujuan membantu perempuan dalam hal kecantikan yang menyajikan berbagai macam brand kecantikan yang nantinya dipergunakan perempuan. Sekaligus berbagai produk usaha yang diinisasi perempuan
“Program ini bertujuan agar brand lokal bisa manampilkan eksistensi dari produk kecantikan, fashion, dan lainnya. Selain itu, memiliki tujuan mempermudah perempuan membeli dan menggunakan brand lokal yang nantinya disampaikan di event Tokopedia,” ungkap Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena.
Inisiatif Tokopedia diklaim akan terus mendukung perempuan UMKM lokal. Terbukti, sepanjang 2021, jumlah perempuan penjual meningkat 2,5 kali lipat. 5 kota besar mengalami peningkatan yang pesat, yakni Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Balikpapan, dan Denpasar.
Pemilik usaha Studio Dapur Mega Puspita menyebutkan, bisnisnya membuat tempat makanan dan tempat bunga yang berbahan baku dari bambu. Untuk itu, pihaknya terus memastikan apa saja yang dibutuhkan masyarakat, agar dapat mengetahui barang yang paling dibutuhkan.
“Kami membuat tempat dari bambu karena juga menginginkan pengurangan sampah plastik,” katanya.
Studio Dapur sendiri memiliki target pasar kepada restoran dan hotel. Tetapi, pandemi menyebabkan permintaan menurun.
"Tokopedia sangat membantu Studio Dapur untuk tetap mempertahakan bisnis sekaligus penggunaan produk dari Studio Dapur,” pungkasnya.
Di sisi lain, Tokopedia sangat berharap ke depannya, lebih banyak lagi mitra strategis yang juga berkolaborasi, mendukung pertumbuhan dan perkembangan perusahaan lokal. Mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% PDB Indonesia. Melalui kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, tentu saja kegiatan usaha lokal akan bisa tumbuh berkembang dan menjadi raja di negeri sendiri.