close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Produk dan layanan Tokopedia sudah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia.  Foto istimewa
icon caption
Produk dan layanan Tokopedia sudah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia. Foto istimewa
Bisnis
Kamis, 11 Mei 2023 15:11

Tokopedia rekap tren belanja online pada kuartal I-2023

Pada kuartal I-2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.
swipe

Belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia selama kuartal I-2023. Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan, sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Data serupa pun tercermin di tren belanja online masyarakat di Tokopedia.

“Pada kuartal I-2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3x lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan resminya, Kamis (11/5).

Transaksi produk makanan melesat tajam
Pada kuartal I-2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.

“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat,” jelas Ekhel.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan makanan segar dan produk kebutuhan lainnya dalam waktu maksimal dua jam setelah pembayaran serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!. Selain itu, ada pula Tokopedia NYAM! yang menyediakan flash sale mulai dari Rp10.000 untuk berbagai pilihan menu makanan dan minuman terkurasi. 

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5x lipat pada kuartal I-2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia*.

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai produk perlengkapan kebersihan melalui kampanye Waktu Indonesia Bersih yang menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 90% untuk berbagai pilihan perlengkapan kebersihan seperti cairan pembersih hingga pengharum ruangan.

Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat.

“Kami mencatat produk perawatan tubuh dan kecantikan (seperti sampo, vitamin dan pengharum rambut) mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 2x lipat pada kuartal I 2023,” tambah Ekhel.

Berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan bisa didapatkan lewat Tokopedia Beauty dengan promo flash sale hingga 90%. 

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, kami berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” kata Ekhel. 

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang (Jawa Barat), Madiun (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I-2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4x lipat,” jelas Ekhel.

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. 

“Data internal Tokopedia menunjukkan, pada kuartal I-2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6x lipat,” jelas Ekhel. 

Kehadiran inisiatif Hyperlocal juga turut membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan Maluku Barat Daya (Maluku), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara) dan Lombok Utara (NTB) menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi, pada kuartal I-2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5x lipat.

Ekhel menambahkan, bahwa ketiga wilayah tersebut–Maluku Barat, Konawe Kepulauan dan Lombok Utara–juga merupakan sejumlah wilayah yang memiliki peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I-2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5x lipat.

Sedangkan, Prabumulih (Sumatera Selatan), Pandeglang (Banten) dan Pemalang (Jawa Tengah) tercatat sebagai sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I-2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 7,5x lipat.

img
Hermansah
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan