Menjelang tahun baru Imlek, makanan khas perayaan Tahun Baru Imlek laku dipasaran. Bukan hanya itu, dekorasinya juga banyak dicari. Biasanya untuk mempercantik rumah dengan berbagai dekorasi. Ini karena perayaan imlek pun indentitik juga dengan dekorasi yang mendukung perayaan tersebut.
Hal itu terkonfirmasi dari catatan Tokopedia. Di mana, transaksi produk dekorasi Imlek di Tokopedia pun meningkat hampir dua kali lipat di Januari 2022 dibandingkan periode yang sama 2021. Selain itu, ada produk amplop angpao dan parcel yang juga mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat pada Januari 2022.
Terkait itu, para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bekerja sama dengan Tokopedia, memasarkan segala jenis kebutuhan parcel dan amplop untuk hantaran perayaan Imlek melalui daring. Hal ini dilakukan dengan tidak menghilangkan ciri khas perayaan Imlek.
“Kami juga melihat bahwa masyarakat masih gemar mengirimkan hantaran serta kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kue keranjang hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/1).
Untuk itu, Tokopedia menghadirkan kampanye Belanja Makin Hoki, yang berlangsung hingga 31 Januari 2022 dan menawarkan berbagai nilai tambah untuk masyarakat terutama yang merayakan Imlek.
“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa menghadirkan berbagai produk kebutuhan, termasuk menjelang Imlek, agar masyarakat tetap bisa merayakan kegembiraan Tahun Baru Imlek bersama keluarga dengan lebih aman, tanpa perlu keluar rumah,” tutur Ekhel.
Adapun program komitmen Tokopedia saat menjelang Imlek bertujuan untuk membantu kebutuhan menjelang Imlek. Mulai dari Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian -termasuk produk sembako, daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya- dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
“Kami menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman untuk nempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih cepat, efisien dan tanpa harus keluar rumah," kata dia.