Garuda Indonesia Grup bakal menyertakan fasilitas baru yakni akses internet melalui sambungan Wi-Fi di setiap pesawat Garuda Indonesia dan anak usahanya, Citilink. Namun, fasilitas tanpa dipungut biaya alias gratis ini baru bisa dirasakan penumpang pada tahun depan atau 2019. Upaya ini merupakan strategi Garuda Indonesia Grup untuk mengejar pangsa pasar generasi milenial.
Dalam memberikan layanan ini, Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi. Dengan kerja sama tersebut, nantinya penumpang Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan penerbangan domestik Garuda Indonesia.
Untuk menyediakan fasilitas koneksi internet gratis selama penerbangan, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armadanya dengan layanan GX Aviation Siste, sebuah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi melalui jaringan High-Throughput Satellites. Dengan fasilitas ini, memungkinkan bagi penumpang untuk menjelajah internet dan media sosial selama penerbangan.
Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo, mengatakan layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat, bekerja sama dengan Lufthansa Technic sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut. Sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.
"Layanan tersebut sejalan dengan komitmen dari Garuda Indonesia Group sebagai maskapai nasional yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital," kata Juliandra di Gedung Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).
Juliandra tak menampik saat ini adanya persaingan ketat dalam industri penerbangan. Tentu kian menuntut setiap maskapai penerbangan domestik untuk memiliki visi teknologi dan mengoptimalkan layanan yang modern, serta mampu mempertahankan loyalitas pelanggan masa kini.
"Tidak hanya untuk memperkuat pasar yang sudah ada, tapi keberadaan In-flight Wifi gratis ini juga ditujukan untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang saat ini belum tersentuh, misalnya seperti para millenials yang sering berpergian," ujarnya.
Sementara itu Direktur Utama Mahata, M. Fitriansyah, mengatakan pihaknya melihat bahwa fasilitas penerbangan dalam negeri merupakan moda transportasi tercepat bagi penduduk Indonesia yang tinggal di berbagai pulau-pulau.
Terkait kehadiran Wi-Fi gratis di dalam pesawat, kata Fitriansyah akan menjadi awal baru bagi revolusi pengalaman penerbangan ke depannya. Melalui konetivitas internet gratis membuat setiap orang dapat bertukar informasi di setiap waktu meski berada di dalam pesawat.
“Namun, saat ini, mobile connectivity ini belum dapat dinikmati oleh banyak orang saat penerbangan. Ini adalah sebuah langkah besar yang dilakukan oleh kami bersama dengan Citilink dan Garuda,” kata Fitriansyah.