close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, capaian ini merupakan hasil kerja sama seluruh jajaran Pemkab Gowa dan masyarakat.
icon caption
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, capaian ini merupakan hasil kerja sama seluruh jajaran Pemkab Gowa dan masyarakat.
Daerah
Jumat, 17 Juni 2022 09:58

Dinilai responsif, Pemkab Gowa raih penghargaan pengelolaan aduan publik

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, capaian ini merupakan hasil kerja sama seluruh jajaran Pemkab Gowa dan masyarakat.
swipe

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meraih penghargaan 30 peserta terbaik Kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) karena dinilai responsif.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, capaian ini merupakan hasil kerja sama seluruh jajaran Pemkab Gowa dan masyarakat. Menurutnya, pengelolaan pengaduan pelayanan publik Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat melalui Inovasi Sahabat Lapor.

“Sahabat Lapor ini bertugas untuk menyebarluaskan informasi tentang media pengaduan aplikasi LAPOR, memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, serta mengawasi kinerja penyelenggaraan pemerintah di kecamatan dan melaporkan pada aplikasi LAPOR," kata Adnan saat menerima penghargaan di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (16/6).

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini menyampaikan, raihan ini menjadi penghargaan ke-147 yang diterima Pemkab Gowa selama dirinya dan Wakil Bupati, Abd Rauf Malaganni memimpin.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapat penghagaan dari Kemepan RB dan ini merupakan penghargaan ke 147,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adnan menambahkan, tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan cakupan wilayah, dalam menyampaikan pengadaan melalui aplikasi SP4N-LAPOR sehingga dari pengaduan tersebut dapat dilakukan perbaikan pelayanan publik.

“Inovasi ini akan menjadi solusi terhadap permasalahan masyarakat di Kabupaten Gowa untuk perbaikan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa, dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Gowa sekaligus Inovator Sahabat Lapor, Indra Said mengaku bersyukur masuknya Kabupaten Gowa sebagai 30 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 yang dilaksanakan oleh Kementerian PANRB. Ia berharap penghargaan ini bisa meningkatkan kualitas kerja pemerintah.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan sebagai 30 peserta terbaik di tingkat nasional. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami sebagai pengelola pelayanan untuk terus meningkatkan kinerja layanan pengaduan kepada masyarakat,” tuturnya.

img
Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Reporter
img
Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan