close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi / Pexels
icon caption
Ilustrasi / Pexels
Dunia
Sabtu, 04 Agustus 2018 08:03

Layanan daring konsuler KBRI London raih ISO

Pasca-diluncurkan, sampai dengan tanggal 1 Agustus 2018, terdapat 19.746 aplikasi pada E-Consular KBRI London.
swipe

Layanan Konsuler KBRI London yang berbasis daring dan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Juli 2017, berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015 dari British Assessment Bureau, Inggris.

Sertifikat tersebut diserahkan secara resmi oleh Mark Nutburn dari British Assessment Bureau UK kepada Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Rizal Sukma di KBRI London, Jumat (3/8), kata Minister Counselor KBRI London Thomas Siregar.

Pada saat penyerahan sertifikat ISO, Dubes Rizal mengatakan sertifikasi ISO 9001:2015 mendorong KBRI London untuk terus berbenah diri dan membangun sistem manajemen mutu bertaraf internasional.

Sertifikasi tersebut mendorong KBRI untuk memenuhi tuntutan kebutuhan mengenai standar mutu pelayanan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.

Hal ini, disebutkan dia, untuk mendukung program pemerintah RI dalam memberikan perlindungan terhadap WNI serta mendorong arus masuk wisatawan melalui pelayanan visa kepada WNA secara efektif, cepat, aman, dan transparan.

Sementara itu Mark Nutburn menyampaikan bahwa proses sertifikasi ISO:9001:2015 untuk pelayanan konsuler KBRI London cukup cepat dilakukan, dibandingkan dengan proses sertifikasi pada entitas bisnis lainnya.

Sejak diluncurkan, layanan E-Consular KBRI London mendapatkan sambutan positif dari WNI maupun masyarakat setempat.

Layanan konsuler berbasis online KBRI London juga telah berhasil meningkatkan "google business review index" dari sebelum nya 2,8 menjadi 4,8 dari skala 5. Layanan E-Consuler KBRI London terdiri dari 18 aplikasi layanan online yang terintegrasi ke dalam E-Consular KBRI London.

Pasca-diluncurkan, sampai dengan tanggal 1 Agustus 2018, terdapat 19.746 aplikasi pada E-Consular KBRI London.

Dijelaskan Dubes Rizal, dari keseluruhan layanan online konsuler KBRI London pada periode tersebut di atas, terdapat 2.218 aplikasi yang menggunakan sistem "appointment", dengan perincian permohonan WNI untuk mengajukan aplikasi Paspor RI dan berbagai surat keterangan sebanyak 960 aplikasi, dan permohonan "appointment" oleh WNA untuk menyampaikan aplikasi visa sebanyak 2.218.

Sedangkan sisanya mengajukan aplikasi melalui "walk-in service" atau dikirim melalui pos. Aplikasi ini telah membantu menurunkan secara drastis telepon yang masuk ke layanan konsuler untuk menanyakan status aplikasi yang diajukan WNI maupun WNA.

 

Sumber: Antara

img
Khairisa Ferida
Reporter
img
Khairisa Ferida
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan