Ikea India dijatuhi denda setelah seorang pelanggan menemukan ulat di sajian nasi biryani yang dipesannya. Peristiwa ini terjadi di kota Hyderabad.
Korban, Abeed Mohammad, mentwit insiden tersebut pada hari Jumat (31/8). Dalam kicauannya, dia me-mention sejumlah akun, termasuk di antaranya media, menteri terkait, dan kepolisian.
Setelah menyelidiki keluhan tersebut, pada hari Minggu, pejabat setempat memberlakukan denda US$141 terhadap raksasa furnitur asal Swedia itu.
Perusahaan Swedia, yang membuka toko pertamanya di India pada awal Agustus lalu mengatakan bahwa pihaknya menyesalkan insiden tersebut.
Twit Abeed telah banyak dibagikan di media sosial dan mendorong para pejabat mengunjungi Ikea serta mengambil sampel berbagai hidangan yang disajikan di restorannya.
Seorang pejabat sipil mengatakan kepada surat kabar Deccan Herald bahwa Ikea didenda karena gagal mempertahankan standar kebersihan.
"Ada cacing di salah satu makanan mereka. Manajemen Ikea telah menerima bahwa ada isu kesehatan sanitasi yang buruk," ujar pejabat tersebut.
Ikea telah memutuskan untuk berinvestasi US$1,5 miliar di India selama 10 tahun ke depan.
Pembukaan toko Ikea di Hyderabad menarik perhatian banyak orang. Kota itu merupakan pusat teknologi, di mana sejumlah raksasa seperti Microsoft, Google, dan Facebook bermarkas.