close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto: Pixabay
icon caption
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Dunia
Jumat, 08 Maret 2024 11:19

10 tahun hilangnya MH370: Bagaimana harapan masih tersisa

Penerbangan Malaysia Airlines 370 tujuan Beijing hilang dari radar tak lama setelah meninggalkan Kuala Lumpur pada dini hari 8 Maret 2014.
swipe

Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 telah  menjadi misteri selama 10 tahun. Setelah hilang kontak pada 8 Maret 2014, 239 orang kru dan penumpangnya seperti ditelan bumi, keberadaan bangkai pesawat masih teka-teki. Tetapi, harapan ternyata masih tersisa.

Hilangnya pesawat itu memunculkan berbagai teori, buku, dan dokumenter yang saling bersaing. Sementara,  keluarga korban bertanya pada diri mereka sendiri setiap tanggal 8 Maret – apa yang terjadi pada mereka yang berada di dalam pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370?

Di era ketika kotak hitam berhasil diangkat dari dasar laut dan seluruh bongkahan pesawat yang jatuh dengan susah payah disatukan kembali untuk menentukan penyebab bencana, nasib MH370 masih sulit dipahami.

Namun banyak ahli percaya masih ada kemungkinan besar puing-puing MH370 dapat ditemukan, jika seseorang melakukan pencarian yang cukup teliti dan – yang terpenting – mengeluarkan sejumlah besar uang yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bagi Jiang Hui, yang kehilangan ibunya dalam bencana tersebut, masa-masa seperti ini sangatlah sulit – dan bukan hanya karena peringatan tanggal 8 Maret.

Qingming, festival tahunan ketika masyarakat Tiongkok mengunjungi dan membersihkan makam leluhur mereka, jatuh pada awal April.

“Tapi kami tidak pernah menemukan MH370. Saya tidak pernah menemukan ibu saya,” kata Jiang kepada CNN. “Saya tidak bisa memperingati ibu saya seperti orang lain.”

Ibunya, Jiang Cuiyun, masih terdaftar sebagai “hilang” di kampung halamannya di Tiongkok, katanya.

“Saya hanya akan menemukan ibu saya jika saya dapat menemukan MH370,” tambahnya.

Penerbangan Malaysia Airlines 370 tujuan Beijing hilang dari radar tak lama setelah meninggalkan Kuala Lumpur pada dini hari tanggal 8 Maret 2014.

Lepas landas berlangsung lancar. Penerbangan mencapai ketinggian jelajah 35.000 kaki dan pilot berbicara singkat dengan lalu lintas udara Vietnam saat pesawat menuju rute standarnya.

Setelah itu pesawat berhenti berkomunikasi, lalu menghilang dari radar saat berbelok ke arah barat secara tidak terduga.

Fragmen-fragmen yang terlihat terdampar di pantai timur Afrika dan pulau-pulau di Samudera Hindia, tempat pesawat dan penumpangnya diyakini menemui nasibnya.

Namun hingga saat ini, jenazah pesawat beserta kotak hitamnya belum pernah ditemukan. 

Pencarian baru?
Minggu ini, banyak orang yang dicintai dari mereka yang hilang kembali ke Malaysia untuk mendesak pihak berwenang setempat untuk meluncurkan kembali pencarian menjelang peringatan hari Jumat ini.

“Ada kapal hilang yang ditemukan setelah ratusan tahun. Jadi kami tidak bisa mengatakan bahwa pesawat ini tidak akan pernah ditemukan,” salah satu anggota keluarga V.P.R Nathan mengatakan kepada Reuters dalam acara peringatan baru-baru ini. Istrinya Anne Daisy berada di pesawat MH370.

“Tentu saja bisa ditemukan. Ini hanya masalah waktu,” katanya.

Pakar penerbangan mengatakan kepada CNN bahwa peningkatan teknologi deteksi kemungkinan akan membawa keluarga lebih dekat ke pesawat yang hilang dibandingkan sebelumnya, jika pencarian kembali dilakukan.

Tapi itu tidak murah.

Ratusan juta dolar dihabiskan untuk menjelajahi lebih dari 710.000 kilometer persegi Samudera Hindia hingga tahun 2018, namun misteri MH370 masih tetap mengambang dalam gelap.

Perusahaan eksplorasi laut yang berbasis di Amerika Serikat, Ocean Infinity, kembali menawarkan kepada pemerintah Malaysia kesepakatan “tidak ada penemuan, tidak ada biaya” – seperti yang mereka lakukan pada tahun 2018 – namun para ahli mencatat bahwa pihak berwenang masih harus membayar jika pesawat tersebut ditemukan.

Sebagai dorongan bagi keluarga tersebut, pihak berwenang Malaysia telah memberikan beberapa pernyataan positif tentang prospek pencarian baru. Pada hari Minggu, Menteri Transportasi Anthony Loke mengatakan negaranya akan “melakukan segala kemungkinan untuk memecahkan misteri ini untuk selamanya.”

Dia mengatakan kementeriannya “siap” untuk membahas proposal pencarian baru yang “kredibel” dengan Ocean Infinity dan akan melakukan “segala kemungkinan” untuk mendapatkan persetujuan Kabinet untuk kontrak baru dengan perusahaan tersebut.

“Saat kita mendekati peringatan 10 tahun tragedi yang menyayat hati ini, ini adalah pengingat menyakitkan atas perjalanan duka dan ketahanan selama satu dekade yang dialami oleh orang-orang terkasih dari para korban,” katanya.

Oliver Plunkett, CEO Ocean Infinity, mengatakan sejak pencarian tahun 2018, perusahaannya telah menyempurnakan robotika dan teknologi eksplorasi lautnya, sambil bekerja sama dengan para analis untuk mempersempit area pencarian menjadi “area yang berpotensi mencapai kesuksesan.”

“Kami berharap dapat segera kembali melakukan pencarian,” katanya dalam pernyataan baru-baru ini.

Namun baik Ocean Infinity maupun pemerintah Malaysia belum memberikan rincian lebih konkrit mengenai kemungkinan rencana mereka.

Teori yang bersaing
Dengan sedikit fakta yang diketahui, hilangnya MH370 telah membingungkan dunia dan memicu berbagai teori selama bertahun-tahun, mulai dari kerusakan mekanis hingga kesalahan pilot yang tidak disengaja dan bahkan semacam pembajakan.

Di mana fakta berakhir dan misteri dimulai adalah sekitar 40 menit setelah penerbangan ketika transponder pesawat berhenti melakukan transmisi.

Kesalahannya segera menghilang dari radar sipil dan militer. Jejak selanjutnya akhirnya membuat para ahli menyimpulkan bahwa pesawat tersebut terbang keluar jalur secara drastis.

Alih-alih terbang ke arah timur laut melintasi Laut Cina Selatan, para analis percaya bahwa pesawat tersebut malah berbalik arah dan meluncur ke selatan secara misterius di atas Samudera Hindia, salah satu lokasi paling terpencil di dunia dalam hal pemantauan penerbangan karena kurangnya satelit pencitraan, menurut pakar penerbangan.

“Ini memiliki semua ciri-ciri film thriller mata-mata, film thriller spionase. Dan ini menarik imajinasi dunia,” kata Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com.

Pencarian awal, yang dilakukan oleh Malaysia, Tiongkok, dan Australia dan diperkirakan menelan biaya US$132 juta, dibatalkan pada Januari 2017 setelah gagal menemukan jejak apa pun. Ocean Infinity kemudian didatangkan oleh pemerintah Malaysia tanpa biaya. Namun pencariannya selama 90 hari pada tahun 2018 juga gagal membuahkan hasil.

Richard Quest, editor Bisnis CNN dan mantan Koresponden Penerbangan mengatakan meskipun upaya pencarian telah dilakukan selama bertahun-tahun, “kenyataannya adalah kita belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan pesawat itu hilang.”

“Harapannya adalah teknik pencarian baru, peralatan baru, dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi pada pesawat akan membuat pencarian ini berhasil,” kata Quest, penulis “The Vanishing of Flight MH370.”

Terobosan dalam teknologi
Pakar penerbangan yakin akan adanya terobosan jika pencarian baru akan dilakukan.

Mereka menunjuk pada sebuah teknologi yang disebut Weak Signal Propagation Reporter, atau WSPR (diucapkan berbisik), yang dirilis pada tahun 2008. Teknologi ini menjadi populer di kalangan mereka yang mencari MH370 dalam beberapa tahun terakhir.

Amatir radio menggunakannya untuk melacak kekuatan sinyal radio di seluruh dunia dan data yang mereka kumpulkan menangkap anomali yang disebabkan oleh berbagai jenis gangguan, termasuk penerbangan yang lewat, jelas pensiunan insinyur Dirgantara Inggris Richard Godfrey kepada CNN.

Godfrey mengatakan dia menelusuri data WSPR hingga saat MH370 menghilang dan menyimpulkan bahwa pesawat tersebut mungkin berada antara 3.000 dan 4.000 meter (9.800 hingga 13.000 kaki) di bawah Samudera Hindia, sekitar 1.500 kilometer (930 mil) di lepas pantai Perth, Australia. 

Meskipun pencarian menyeluruh sebelumnya, kata Godfrey, mereka belum mencakup lokasi yang dia sarankan.

“Saya yakin MH370 dapat ditemukan,” katanya, seraya menambahkan bahwa temuannya sejalan dengan petunjuk lain, seperti data yang diberikan oleh perusahaan telekomunikasi satelit Inggris Inmarsat, yang menunjukkan wilayah yang kurang lebih sama.

Namun meski ekspedisi lain dikabulkan, katanya, persiapannya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Thomas dari AirlineRatings memiliki “perasaan yang kuat” bahwa Godfrey benar tetapi menimbulkan kecemasan lain. “Saya khawatir mereka hanya memberikan pernyataan hangat dan nyaman kepada kerabat mereka pada hari peringatan tersebut,” katanya, tentang pihak berwenang Malaysia.

Kenyataan menghantam
Beberapa kerabatnya, seperti Sarah Bajc dari Amerika, yang kehilangan pasangannya Phil Wood, telah mencoba untuk melupakannya. Namun dia masih merasa hidup dalam bayang-bayang masa lalu dari waktu ke waktu.

Sejak hilangnya pesawat tersebut, Bajc telah pindah dari Asia ke Panama, di mana dia menikah lagi dan membuka resor ramah lingkungan yang memungkinkan dia dan suaminya hidup tanpa jaringan listrik di hutan hujan.

Namun hingga hari ini, dia menghindari menonton drama dan dokumenter tentang kecelakaan pesawat dan sering mengalami mimpi buruk.

“Saya akan mengalami mimpi buruk saat menyelam di kawasan indah yang banyak ikannya. Lalu tiba-tiba lambung pesawat ada di sana, dan mayatnya mengambang,” ujarnya.

Mengenai prospek pencarian baru, dia optimis.

“Mungkin mereka siap untuk melakukan hal itu, dalam hal ini saya sangat senang karena… keluarga-keluarga membutuhkan penutupan, dunia membutuhkan penutupan, dan seseorang perlu dimintai pertanggungjawaban,” katanya, tentang prospek pencarian lagi yang akan dilakukan. oleh Malaysia.

Yang lain, seperti Jiang, bertekad untuk mengungkap kebenaran.

Ia mengatakan tidak ada satu hari pun yang berlalu tanpa ia memikirkan ibunya, yang ia gambarkan sebagai wanita kuat dan pekerja keras yang ia idolakan sebagai sosok inspiratif.

“Saya dapat menemukan bayangannya di dalam diri saya. Apa pun yang saya lakukan sekarang adalah apa yang ibu saya ingin saya lakukan,” katanya.

Jiang termasuk di antara 40 keluarga yang mengajukan upaya lain di kampung halamannya tahun lalu untuk mencari keadilan melalui sistem hukum Tiongkok.

Mereka yang berada di dalam pesawat berasal dari berbagai negara, namun Tiongkok adalah negara yang paling terkena dampaknya dengan 153 penumpang.

Para penggugat di Tiongkok menggugat Malaysia Airlines, perusahaan asuransinya, Boeing dan produsen mesin pesawat, menuntut kompensasi, permintaan maaf resmi, dan dimulainya kembali bantuan psikologis kepada anggota keluarga, serta pembentukan dana untuk melanjutkan pencarian pesawat.

Namun tidak jelas seberapa besar yurisdiksi pengadilan Tiongkok terhadap daftar perusahaan yang berkantor pusat di luar negeri.

Setelah menghabiskan beberapa hari terakhir bertemu dengan pejabat Malaysia, Jiang optimistis akan dilakukannya pencarian baru. Tapi itu juga memberinya perasaan campur aduk.

“Di satu sisi, saya sangat ingin menemukan pesawat itu hari ini atau besok,” ujarnya. “Tapi saya juga takut dengan kenyataan yang harus saya hadapi setelah menemukan pesawat itu.”

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan